Marak Kasus Pembobolan Rekening, Sejumlah Fitur Jenius Disesuaikan

Kompas.com - 09/08/2021, 16:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk terus melakukan sejumlah langkah untuk menambah keamanan perbankan digitalnya, Jenius untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah dalam betransaksi.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu nasabah Jenius BTPN menjadi korban penipuan dalam waktu berdekatan. Ratusan juta uang tabungan pun raib.

Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah penyesuaian terhadap fitur-fitur aplikasi Jenius, guna mencegah terjadinya hal serupa.

Baca juga: Semester I-2021, Laba Bersih BTPN Syariah Tumbuh 89 Persen Jadi Rp 770 Miliar

Pertama, BTPN menonaktifkan akses Jenius melalui situs guna meminimalisir risiko terjadinya upaya rekayasa sosial, atau social engineering, oleh pelaku tindak kejahatan siber.

“Dalam rekayasa sosial, pelaku sebuah tindak kejahatan memanipulasi korban agar korban melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan pelaku, melalui media seperti panggilan telepon, SMS, surel ataupun media sosial,” katanya dalam diskusi virtual, Senin (9/8/2021).

Selain itu, BTPN juga telah menerapkan kebijakan satu perangkat untuk melindungi akun Jenius nasabah.

Kebijakan tersebut membuat pemilik akun Jenius hanya bisa mengakses dan bertransaksi menggunakan akunnya lewat satu perangkat saja yang telah terverifikasi.

Kemudian, nasabah yang ingin mengalihkan akun Jenius miliknya ke perangkat lain hanya dapat melakukannya melalui Jenius Help 1500 365 atau Kantor Cabang Sinaya Bank BTPN.

Baca juga: Simak, Ini Cara Buka Rekening Jenius lewat Ponsel

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Bank BTPN Darmadi Sutanto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan edukasi secara berkelanjutan kepada nasabah Jenius dan juga kepada masyarakat umum, tentang upaya menjaga keamanan data-data dan informasi pribadi, serta tentang fitur-fitur di aplikasi Jenius yang dapat mendukung keamanan bertransaksi.

“Bank BTPN juga senantiasa mengajak nasabah dan non-nasabah untuk melindungi data dan informasi rahasia dan pribadi mereka dengan tidak membagikan OTP, PIN, dan password, kepada siapa pun, termasuk pihak Bank BTPN,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.