Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Kasus Pembobolan Rekening, Sejumlah Fitur Jenius Disesuaikan

Kompas.com - 09/08/2021, 16:50 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Tbk terus melakukan sejumlah langkah untuk menambah keamanan perbankan digitalnya, Jenius untuk menjaga keamanan dan kenyamanan nasabah dalam betransaksi.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu nasabah Jenius BTPN menjadi korban penipuan dalam waktu berdekatan. Ratusan juta uang tabungan pun raib.

Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah penyesuaian terhadap fitur-fitur aplikasi Jenius, guna mencegah terjadinya hal serupa.

Baca juga: Semester I-2021, Laba Bersih BTPN Syariah Tumbuh 89 Persen Jadi Rp 770 Miliar

Pertama, BTPN menonaktifkan akses Jenius melalui situs guna meminimalisir risiko terjadinya upaya rekayasa sosial, atau social engineering, oleh pelaku tindak kejahatan siber.

“Dalam rekayasa sosial, pelaku sebuah tindak kejahatan memanipulasi korban agar korban melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan pelaku, melalui media seperti panggilan telepon, SMS, surel ataupun media sosial,” katanya dalam diskusi virtual, Senin (9/8/2021).

Selain itu, BTPN juga telah menerapkan kebijakan satu perangkat untuk melindungi akun Jenius nasabah.

Kebijakan tersebut membuat pemilik akun Jenius hanya bisa mengakses dan bertransaksi menggunakan akunnya lewat satu perangkat saja yang telah terverifikasi.

Kemudian, nasabah yang ingin mengalihkan akun Jenius miliknya ke perangkat lain hanya dapat melakukannya melalui Jenius Help 1500 365 atau Kantor Cabang Sinaya Bank BTPN.

Baca juga: Simak, Ini Cara Buka Rekening Jenius lewat Ponsel

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Bank BTPN Darmadi Sutanto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan edukasi secara berkelanjutan kepada nasabah Jenius dan juga kepada masyarakat umum, tentang upaya menjaga keamanan data-data dan informasi pribadi, serta tentang fitur-fitur di aplikasi Jenius yang dapat mendukung keamanan bertransaksi.

“Bank BTPN juga senantiasa mengajak nasabah dan non-nasabah untuk melindungi data dan informasi rahasia dan pribadi mereka dengan tidak membagikan OTP, PIN, dan password, kepada siapa pun, termasuk pihak Bank BTPN,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com