Jadi Korban Penipuan, Dana Nasabah Jenius yang Hilang Bisa Dikembalikan?

Kompas.com - 09/08/2021, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu dua nasabah Jenius Bank BTPN menjadi korban penipuan dalam waktu yang berdekatan. Total dana ratusan juta pun raib dari rekening kedua nasabah tersebut.

Digital Banking Head Bank BTPN Irwan Tisnabudi mengatakan, terkait kejadian tersebut, pihaknya bersama korban telah melakukan pelaporan kepada pihak kepolisian.

"Kita akan terus berusaha untuk mendapat pelakunya, bersama dengan pihak kepolisian," katanya dalam diskusi virtual, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Marak Kasus Pembobolan Rekening, Sejumlah Fitur Jenius Disesuaikan

Namun demikian, Jenius tidak bisa melakukan pengembalian dana yang hilang dari akun tabungan nasabah tersebut.

Irwan menjelaskan, pembobolan rekening, kemudian pengiriman dana dari rekening korban ke rekening pelaku telah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Jadi memang proses sudah menggunakan password yang sesuai, sudah menggunakan OTP yang sesuai, dan sayangnya OTP dan data-data ini adalah data-data yang diberikan nasabah sendiri," tuturnya.

"Sehingga dalam hal ini memang kita tidak bisa mengembalikan dana yang hilang," tambahnya.

Lebih lanjut Irwan menyebutkan, dalam sebagian besar kasus penipuan yang terjadi, pelaku mendapatkan data-data akun rekening langsung dari nasabah Jenius.

Oleh karenanya, Jenius BTPN mengajak nasabah dan non-nasabah untuk melindungi data dan informasi rahasia dan pribadi mereka dengan tidak membagikan OTP, PIN, dan password, kepada siapa pun, termasuk pihak Bank BTPN.

Baca juga: Dana Rp 241,8 Juta Raib di Jenius, BTPN: Nasabah Diperdaya oleh Pelaku Penipuan

"Jenius juga akan terus memberikan edukasi yang berkelanjutan kepada nasabah tentang pentingnya menjaga kerahasiaan data dalam tiap kesempatan," ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.