Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bakal Lakukan 161 Pengeboran di Blok Rokan hingga Desember 2021

Kompas.com - 09/08/2021, 18:15 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan siap melakukan pengeboran sumur secara masif di Wilayah Kerja Rokan (Blok Rokan).

Pada periode Agustus-Desember 2021, pertamina akan melakukan pengeboran sebanyak 161 sumur yang terdiri dari 84 sumur baru dan 77 sumur eks Chevron. Sedangkan pada 2022, direncanakan akan ada tambahan kurang lebih sebanyak 500 sumur.

"Pertamina akan melanjutkan program yang telah berjalan selama ini, termasuk Enhanced Oil Recovery (EOR) yang telah menunjang produksi migas secara signifikan," ujar Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dalam siaran pers, Jakarta, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Semester I, Pembiayaan Kartu Kredit CIMB Niaga Syariah Naik Tembus Rp 893 Miliar

Nicke mengatakan, Pertamina sudah menyiapkan anggaran investasi di Blok Rokan sampai tahun 2025 yang mencapai 2 miliar dollar AS. Pertamina menilai Blok Rokan memiliki potensi migas yang dapat menunjang peningkatan produksi migas nasional.

Adapun Pertamina Hulu Rokan mengelola wilayah kerja dengan luasan sekitar 6,453 km2 dengan 10 Lapangan utama yaitu Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan, Pager.

Blok Rokan membentang di 5 Kabupaten Provinsi Riau yakni Kebupaten Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu dan Rokan Hilir.

Baca juga: Usai Alih Kelola, Pertamina Siapkan Rp 28,6 Triliun buat Investasi di Blok Rokan hingga 2025

Pertamina mengatakan blok minyak strategis tersebut merupakan terbesar kedua di Indonesia dengan target produksi minyak tahun 2021 sekitar 165.000 barel per hari atau sekitar 24 persen dari produksi nasional.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) resmi mengambil alih ladang minyak Blok Rokan di Riau dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada hari ini, Senin (9/8/2021). Mulai pukul 00.01 WIB, Pertamina telah menjadi pengelola Blok Rokan.

Blok Rokan ditemukan pada 1941 oleh Chevron perusahaan asal Amerika Serikat (AS), yang kemudian pertama kali diproduksikan pada 1951. Artinya, Pertamina kini mengelola Blok Rokan yang selama 80 tahun telah di kelola oleh perusahaan asing.

Baca juga: Diambil Alih Pertamina dari Chevron, Ini Sejarah Panjang 97 Tahun Blok Rokan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com