KILAS

Jokowi Minta Masyarakat Konsumsi Buah, Mentan SYL: Pasokan Buah Melimpah Ruah

Kompas.com - 09/08/2021, 20:04 WIB
Gelar Buah Nusantara (GBN) ke-6 Tahun 2021 secara virtual pada Senin (9/8/21). DOK. Humas Kementerian PertanianGelar Buah Nusantara (GBN) ke-6 Tahun 2021 secara virtual pada Senin (9/8/21).

KOMPAS.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur nusantara.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan mencintai aneka buah nusantara yang melimpah dengan kandungan gizi yang tidak kalah dibandingkan buah impor,” ajak dia seperti dikutip dari keterangan pers resminya, Senin (9/8/2021).

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam acara Gelar Buah Nusantara (GBN) ke-6 Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual pada Senin.

Menurut Jokowi, buah Nusantara tidak hanya menambah asupan gizi saja, tetapi juga dapat membantu para petani agar tetap semangat, produktif, dan sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi memaparkan bahwa rata-rata tingkat konsumsi buah masyarakat Indonesia saat ini masih rendah.

Baca juga: Petani Gorontalo Gagal Panen Akibat Hama, Kementan Sarankan Ikuti Asuransi Pertanian

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2020, rata-rata konsumsi buah masyarakat Indonesia hanya 88,56 gram per kapita per hari. Jumlah ini turun 1,4 persen dibanding periode 2019.

Adapun tingkat konsumsi tersebut hanya 59,04 persen dari batas minimal angka kecukupan gizi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan konsumsi buah sebesar 150 gram per kapita per hari.

Jokowi mengatakan, upaya untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur perlu dilakukan dengan cara-cara kekinian seperti pemanfaatan teknologi sebagai sarana edukasi.

“Edukasi untuk mengonsumsi buah-buahan Nusantara harus dilakukan secara berkelanjutan dan termasuk dalam muatan sistem pendidikan di sekolah-sekolah serta edukasi keluarga,” kata Jokowi.

Hal tersebut, lanjut dia, perlu dilakukan agar dapat menjangkau anak-anak dan generasi muda untuk mencintai buah dan sayuran lokal.

Baca juga: Lewat UPPO, Kementan Dukung Ketersediaan Pupuk Organik bagi Petani

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.