Bertambah 142,8 MW, Kapasitas Pembangkit Hidro Jadi 5.214 MW

Kompas.com - 10/08/2021, 06:08 WIB
Ilustrasi gardu PLN KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi gardu PLN

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) terus melalukan penambahan pembangkit berbasis hidro, dalam rangka menggenjot bauran energi baru terbarukan (EBT) terhadap energi primer nasional.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, sampai dengan Juni 2021, realisasi penambahan kapasitas pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM) telah mencapai 142,8 MW.

Lebih lanjut Ia menjabarkan, pembangkit hidro yang telah mendapatkan Sertifikat Layak Operasi atau beroperasi pada semester I 2021 yaitu PLTM Cikaso 3 berkapasitas 9,9 MW, PLTM Cibuni Mandiri 2 MW, PLTM Cikandang 6 MW, PLTM Lawe Sikap 7 MW, PLTM Cibanteng 4,2 MW.

Baca juga: Viral Video Petugasnya Diludahi, Ini Kata PLN

Selain itu terdapat PLTM Kumbi Sedau 0,9 MW, PLTM Gunung Wugul 3,3 MW, PLTM Parmonangan-2 10 MW, PLTM Pelangai Hulu 9,8 MW dan PLTA Malea 90 MW.

“Proyek-proyek ini merupakan wujud nyata transformasi PLN melalui aspirasi Green, dengan terus meningkatkan bauran EBT dalam penyediaan listrik nasional,” ujar Agung, dalam keterangannya, Senin (9/8/2021).

PLN berencana untuk terus meningkatkan kapasitas terpasang pembangkit hidro, sebab, merujuk pada RUPTL 2019 – 2028, potensi pengembangan PLTA dan PLTM di Indonesia mencapai kisaran 9 Gigawatt (GW).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, sejauh ini total kapasitas PLTA dan PLTM terpasang baru mencapai 5.214 MW.

"Dari total kapasitas Pembangkit EBT sebesar 7.999 MW yang saat ini beroperasi, porsi kapasitas pembangkit hidro (PLTA dan PLTM) merupakan penyumbang terbesar di antara pembangkit EBT lainnya," kata Agung.

Dalam upaya pengembangan energi bersih yang berkelanjutan, PLN membuka peluang untuk bekerja sama dengan para pengembang dari dalam maupun luar negeri.

“PLN membuka peluang bagi pengembang atau investor. Baik lokal maupun internasional dalam pengembangan pembangkit EBT Hidro dengan berlandaskan prinsip Good Corporate Governance (GCG)” ucap Agung.

Baca juga: Ada Promo, Tambah Daya Listrik Cuma Bayar Rp 202.100 pada Agustus 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.