Kompas.com - 10/08/2021, 13:46 WIB
Ilustrasi investasi. FREEPIK/PVPRODUCTIONSIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tabungan uang dalam jumlah besar menjadi dambaan mayoritas orang. Namun, untuk memiliki tabungan banyak tidak bisa datang begitu saja.

Kita dituntut untuk rutin mengalokasikan uang khusus untuk ditabung.

Lalu sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk menabung?

Baca juga: 6 Ide Menabung Jangka Pendek yang Bisa Kamu Coba

Direktur AXA Financial Indonesia Cicilia Nina mengatakan, waktu yang tepat untuk menabung adalah ketika mendapatkan penghasilan.

Untuk milenial, misalnya, penghasilan bisa didapatkan dari uang jajan yang diberikan oleh orang tua. Di momen tersebutlah anak bisa diajarkan untuk menabung.

"Mereka kan belum ada sumber penghasilan selain dari uang jajan dari orang tua, itu yang bisa mereka gunakan untuk menabung," ujar Cicilia dalam media webinar AXA Financial yang disiarkan secara virtual, Selasa (10/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk para pekerja, momen yang tepat untuk menabung adalah pada saat memiliki pendapatan seperti gajian.

Tak dipungkiri, kebanyakan para pekerja cukup sulit mengolah uangnya untuk menabung dikarenakan banyak faktor.

Baca juga: THR 2021 Cair? Jangan Lupa Bayar Utang, Menabung dan Investasi

Salah satunya, memenuhi keinginannya daripada kebutuhannya.

"Mereka itu kebanyakan, boro-boro mau menabung, belum tanggal gajian saja sudah habis dananya karena banyak dihabiskan untuk hal-hal yang dirasa kurang penting," jelas Cicilia.

Senada, Chief of Proposition Direct Marketing & Partnership AXA Financial Indonesia Yudhistira Dharmawata mengatakan, sebaiknya menabung dilakukan sedini mungkin.

Sebab, menurut dia, semakin lama dimulainya untuk menabung, tingkat kebutuhan juga akan semakin banyak. Hal ini menyebabkan manfaat jangka panjang dari menabung tidak dirasakan maksimal.

"Misalnya kalau kita menabung dari kecil kan otomatis makin banyak uang yang disimpan. Jadi semakin cepat dia menabung uangnya semakin bagus," ujar Yudhistira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.