Kompas.com - 12/08/2021, 09:49 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat di pasar spot pada Kamis (12/8/2021).

Melansir data Bloomberg pagi ini, rupiah berada pada level Rp 14.380 per dollar AS, atau menguat 0,02 persen (2 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.382 per dollar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah hari ini ditopang sentimen inflasi AS yang masih tinggi di kisaran 5 persen, atau di atas target The Fed di kisaran 2 persen.

Baca juga: Juli 2021, Cadangan Devisa RI Naik Jadi 137,3 Miliar Dollar AS

"Rupiah menguat terhadap dollar AS hari ini setelah data indikator inflasi AS dan Indeks Harga Konsumen semalam menunjukkan kenaikan inflasi tidak setinggi ekspektasi semula," kata Ariston.

Dia bilang, hasil data tersebut menyingkirkan sementara isu tapering yang berpeluang kembali lagi bila data-data ekonomi AS terus menunjukkan perbaikan di tengah pandemi.

Sementara itu, Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, hari ini rupiah diperkirakan bergerak di kisaran Rp 14.344 per dollar AS hingga Rp 14.398 per dollar AS. Membaiknya data sektor tenaga kerja AS masih memberikan sentimen positif terhadap dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dari domestik, perpanjangan PPKM akan mempengaruhi pergerakan rupiah menjelang rilisnya data neraca perdagangan Juli 2021 yang diperkirakan masih melanjutkan surplus,” ujar Reny.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada pada level Rp 14.397 per dollar AS pada Selasa (10/8/2021), atau melemah dibandingkan sebelumnya Rp 14. 378 per dollar AS.

Baca juga: Naik Rp 7.000, Simak Rincian Lengkap Harga Emas Antam Hari Ini

Adapun kurs di bank-bank besar di Indonesia, seperti di BNI, kurs jual dipatok pada Rp 14.436 per dollar AS. Kurs jual berarti pihak bank menjual dollar AS pada posisi ini.

Sementara untuk kurs beli di BNI adalah Rp 14.329 per dollar AS. Kurs beli ini berarti bila Anda ingin menjual dollar AS maka pihak bank akan membelinya pada posisi ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.