Skystar Capital
Pemodal Ventura

Skystar Capital adalah pemodal ventura yang berfokus pada pendanaan awal untuk membantu akselerasi bisnis rintisan teknologi. Skystar Capital hadir sebagai solusi bagi para pendiri untuk memberikan bantuan modal, saran, dan kemitraan strategis untuk meningkatkan skala bisnis.

Skystar Capital didukung oleh berbagai grup perusahaan terkemuka di berbagai bidang seperti media, telekomunikasi, layanan keuangan, layanan kesehatan, sektor pendidikan, dan lain-lain. Kami memberikan akses melalui jaringan profesional untuk pengembangan bisnis perusahaan rintisan.

Ingin lebih kenal dengan kami? Bisa follow kami di Instagram (@skystar.vc) atau Linkedin Skystar Capital. Juga kunjungi situs kami www.skystarcapital.com atau kalau ingin berbincang dengan kami, kirimkan surel ke contact@skystarcapital.com 

Peran Pemodal Ventura sebagai Katalisator Startup

Kompas.com - 12/08/2021, 18:39 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Gabriella Thohir*

SEMBILAN dari sepuluh perusahaan rintisan (atau yang biasa disebut sebagai startup) akan gagal. Laporan penelitian oleh Startup Genome di tahun 2019, lebih rinci menyebutkan bahwa sekitar 21.5 persen gagal pada tahun pertama beroperasi, 30 persen gagal dalam dua tahun, 50 persen gagal dalam lima tahun, dan 70 persen gagal dalam sepuluh tahun.

Bagaimana kondisi di Indonesia?

Berdasarkan data dari startupranking.com, pada 2021 ini, terdapat 2.200 startup di Indonesia, turun dari 2.400 pada 2020, yang salah satunya diakibatkan oleh pandemi.

Setelah mengetahui fakta tersebut, bagaimana sesungguhnya perusahaan rintisan ini dapat dibantu?

Semakin banyak perusahaan-perusahaan rintisan yang menciptakan produk baru berbasis teknologi untuk menyelesaikan suatu permasalahan bagi target audiens.

Baca juga: Startup Indonesia Panen Suntikan Modal

Teknologi sudah seperti bagian yang tidak terelakkan bagi masyarakat Indonesia khususnya, seiring dengan semakin majunya perkembangan gawai dan pengaruh media sosial. Teknologi mampu mendemokratisasi akses dan memberikan banyak kemudahan dan gratifikasi instan lainnya.

Namun, sekadar ide, kecanggihan teknologi, dan kreativitas tidaklah cukup untuk menjadi modal dasar perusahaan yang bertujuan untuk terus berkembang.

Kolaborasi dengan pihak eksternal tentu perlu dioptimalisasi, misalnya untuk meraih jaringan, publikasi, dan yang tak kalah penting adalah pendanaan.

Lalu dari manakah dana bisa didapatkan oleh startups? Salah satu sumber dana yang sering didapatkan oleh startup bersumber dari pemodal ventura, seperti halnya Skystar Capital yang berdiri sejak 2014.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.