Sri Mulyani Minta Informasi Penggunaan Aset Negara Disampaikan ke Masyarakat

Kompas.com - 12/08/2021, 19:01 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (24/2/2019). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (24/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hadir untuk membantu perekonomian dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Sri Mulyani meminta kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk terus memberikan informasi yang tepat, nyata, dan akurat bagaimana setiap rupiah uang dan aset negara diperoleh dan dibelanjakan dan bagaimana manfaatnya kepada masyarakat.

Manfaat tersebut seperti perlindungan sosial, untuk pembangunan infrastruktur, dukungan pendidikan, kesehatan, dan berbagai macam langkah-langkah kegiatan dengan biaya APBN.

“Seluruh insan di DJKN sebagai pengelola aset negara juga aset terbesar di negeri ini tentu juga perlu berkreasi dan memiliki inovasi bagaimana menjelaskan kepada masyarakat tentang konsep hadirnya keuangan negara dan aset negara serta manfaatnya bagi masyarakat,” kata Sri Mulyani dalam Town Hall Meeting Crash Program Piutang Negara, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Kemenhub Sediakan Kapal Buat Isolasi Pasien Covid-19

Selain itu, Sri Mulyani mengatakan, tidak mungkin menjelaskan kepada masyarakat dengan hanya table atau neraca keuangan dan menyampaikan bahwa Indonesia memiliki aset negara.

Menurut Sri Mulyani, DJKN harus menyampaikan fungsi, tugas dan manfaat aset negara tersebut kepada masyarakat seperti, memberikan contoh-contoh yang konkrit, memberikan informasi di sosial media secara kreatif dan juga mendidik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga dengan begitu masyarakat akan mengetahui bahwa APBN dan uang negara atau negara hadir untuk mereka. Selain itu DJKN juga bisa menceritakan kepada masyarakat bagaimana uang dan asset negara benar-benar hidup dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

“Ini adalah tantangan komunikasi kepada masyarakat, karena Kementerian Keuangan dan DJKN adalah instansi publik, dan kita hadir untuk mengemban amanah dan kewajiban dan tanggung jawab publik. Untuk itu saya minta DJKN untuk terus berinovasi dan berkreasi dan profesional bagaimana menjalankan tugas agar masyarakat dapat mengetahui pengelolaan keuangan dan asset negara yang baik,” pungkasnya. (Siti Masitoh | Noverius Laoli)

Baca juga: Sandiaga: Perempuan Jadi Game Changer Ekonomi Kreatif di RI

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sri Mulyani minta jajarannya beri informasi penggunaan aset negara ke masyarakat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.