Targetkan UMKM Ekspor, Pemerintah Minta LPEI Kelola Pendanaan UMKM

Kompas.com - 13/08/2021, 09:16 WIB
Desa Devisa ikut ambil bagian dalam rantai pasokan ekspor global, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini menjadikan program Desa Devisa sebagai salah satu solusi pengembangan ekonomi dan komoditi unggulan daerah. LPEIDesa Devisa ikut ambil bagian dalam rantai pasokan ekspor global, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini menjadikan program Desa Devisa sebagai salah satu solusi pengembangan ekonomi dan komoditi unggulan daerah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menugaskan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk mengelola program pendanaan kepada UMKM.

Program pendanaan yang dimaksud adalah Penjaminan Pemerintah (Jaminah) dan Penugasan Khusus Ekspor untuk UMKM.

Penugasan diberikan lantaran UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia yang mampu menyerap jutaan pekerja.

Baca juga: Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di Eform BRI Tahap 3

Apalagi, pemerintah memiliki target agar porsi UKM ekspor dapat mencapai angka 21,6 persen.

“Tanggung jawab diberikan dalam hal pendanaan dan pembiayaan untuk bisa mengelola program penjaminan pemerintah dan penugasan khusus ekspor kepada UMKM yang terdampak Covid-19, sehingga mereka dapat mempertahankan kegiatan operasionalnya," kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban dalam siaran pers, Jumat (13/8/2021).

Rio berharap, program ini dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional. Menurutnya, peningkatan kemampuan UMKM merupakan misi bersama yang harus dieksekusi dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, sejumlah langkah pemerintah diharapkan dapat menciptakan UMKM yang berkelas.

"Oleh karena itu, pemerintah melalui DJKN berkolaborasi bersama semua pihak termasuk SMV Kementerian Keuangan RI yang juga punya peran dalam pengembangan UMKM yaitu LPEI," ucap Rio.

Baca juga: Ini Cara Cek Penerima dan Syarat Mendapat Bantuan UMKM Tahap 2 Tahun 2021

Direktur Eksekutif LPEI, D James Rompas menyampaikan, pihaknya berkomitmen meningkatkan kemampuan UMKM untuk bisa melakukan kegiatan ekspor, mengingat LPEI sebagai SMV Kementerian Keuangan.

“LPEI memiliki peran dari aspek finansial dan non-finansial dalam meningkatkan ekspor nasional termasuk dari sektor UMKM," beber James.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.