E-COMMERCE

Peringati Hari UMKM Nasional, Shopee Rangkul UMKM Beradaptasi ke Platform Digital

Kompas.com - 13/08/2021, 11:07 WIB
Ilustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital. ShutterstockIlustrasi UMKM yang beradaptasi di era digital.

KOMPAS.com – Sebagai salah satu penggerak ekonomi nasional, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus mampu bertransformasi untuk menghadapi tantangan pandemi di era digital.

Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari UMKM Nasional 2021, Kamis (12/8/2021), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dan Shopee Indonesia merangkul pelaku UMKM untuk beradaptasi ke platform digital.

Pada puncak perayaan yang mengusung tema “Tantangan Pandemi dan Strategi Transformasi UMKM Masa Depan”, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki menekankan pentingnya pendampingan, akses pasar ekspor, konsolidasi pengelolaan logistik, dan digitalisasi bagi pelaku UMKM agar dapat terus bertahan, bahkan di masa yang akan datang.

“Di tengah tantangan dan disrupsi yang ada, penting bagi (pelaku) UMKM untuk tetap dapat beradaptasi agar bisa menjalankan kegiatan usaha sambil senantiasa berinovasi. Tren perdagangan secara online juga membantu UMKM untuk bertahan dan bertumbuh,” kata Teten dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, disrupsi teknologi memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap berbagai lini dan industri.

“Dampak tersebut sangat berimbas kepada pelaku UMKM di Tanah Air. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus melakukan adaptasi strategi dan operasional bisnis,” kata Handhika.

Adaptasi tersebut juga harus segera diimplementasikan oleh para pelaku UMKM dengan kondisi yang sulit dan serba-terbatas.

Untuk itu, kata Handhika, kehadiran platform dagang online, seperti Shopee, dapat membantu UMKM Indonesia beradaptasi dengan teknologi digital.

“Shopee ingin memastikan lebih banyak UMKM memiliki kapasitas yang mumpuni agar mereka bisa beradaptasi,” papar Handhika.

Melalui komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, Shopee hadir untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada pelaku UMKM di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.