Ma'ruf Amin: Potensi Dana Wakaf RI Capai Rp 180 Triliun Per Tahun

Kompas.com - 13/08/2021, 12:00 WIB
Teknologi digital dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi pengembangan wakaf Dok. ShutterstockTeknologi digital dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi pengembangan wakaf

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyebutkan, potensi wakaf uang Indonesia mencapai Rp 180 triliun per tahun. Hal ini berdasarkan proyeksi Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Adapun wakaf uang adalah praktek wakaf yang bergeser dari benda tidak bergerak menjadi benda yang lebih produktif, memiliki nilai ekonomi, dan memudahkan siapa pun untuk berwakaf.

"Wakaf uang nasional diperkirakan mencapai Rp 180 triliun per tahun. Namun, realisasi wakaf uang baru mencapai yang belum diproyeksikan, karena itu membutuhkan usaha yang lebih optimal," kata Ma'ruf dalam webinar Gerakan Sadar Wakaf di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Ingin Wakaf tapi Tidak Punya Banyak Aset? Asuransi Allianz Punya Solusinya

Ma'ruf menyebutkan, setidaknya ada tiga cara yang dapat dilakukan agar potensi wakaf uang bisa tergali.

Potensi ini tentu bisa dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, salah satunya mendukung pembangunan dan mengurangi kemiskinan.

Cara pertama adalah perlunya peningkatan literasi wakaf kepada masyarakat, lantaran Indeks Literasi Wakaf (ILW) yang dirilis Kemenag pada tahun 2020 menyebut bahwa literasi masyarakat Indonesia berada dalam kategori rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rendahnya literasi masyarakat terhadap wakaf tidak hanya berdampak pada rendahnya realisasi wakaf, tetapi dapat menyebabkan timbulnya persepsi keliru tentang wakaf.

"Sebagian besar persepsi wakaf masyarakat Indonesia masih bersifat tradisional, wakaf berorientasi seperti tanah, gedung, dan lain-lain sehingga wakaf hanya dilakukan oleh golongan orang tua dan golongan berada," beber Ma'ruf.

Baca juga: Pemanfaatan Fitur Wakaf pada Produk Asuransi Syariah Masih Rendah

Selain itu, kata Ma'ruf, masyarakat perlu memahami bahwa wakaf bersumber dari masyarakat dan akan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Untuk itu, perlu lebih gencar lagi melakukan sosialisasi dan edukasi tentang wakaf kepada seluruh kalangan masyarakat khususnya kepada generasi milenial," ucap dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.