Kunjungi Pulau Pramuka, Sandiaga Uno Berharap Pariwisata Kepulauan Seribu Segera Pulih

Kompas.com - 13/08/2021, 17:21 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan harapan agar sektor pariwisata di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta bisa segera pulih.

Hal itu dia sampaikan saat menunjungi lokasi vaksinasi di Pulau Pramuka pada Jumat (13/8/2021), sekaligus mengecek tingkat keterisian tempat tidur di RSUD Pulau Pramuka. Dari hasil pengecekan, jumlahnya di bawah 20 persen, yang artinya menunjukkan satu sinyal positif.

“Harapan saya seiring dengan turunnya kasus aktif dan kasus baru (di Kepulauan Seribu), ini akan kita bawa agar kita bisa melakukan pelonggaran tentunya dengan penuh kehati-hatian. Sebagai ikon dari pariwisata, langkah ke depan akan disesuaikan dengan status PPKM level berapa yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan khususnya di Kepulauan Seribu," kata Sandiaga melalui siaran pers, Jumat (13/8/2021).

Dalam kesempatan ini, Sandiaga melakukan aksi simbolis dengan berenang sejauh 50 meter menuju Pulau Pramuka. Hal ini dilakukan Sandiaga sebagai bentuk ikhtiar untuk pemulihan wisata Pulau Seribu sebagai kawasan ikonik pariwisata di Jakarta.

Baca juga: 2 Cara Cek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan via Online

Sebelumnya Sandiaga sempat menjadikan Pulau Seribu sebagai kantornya, ketika menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Itulah yang saya simbolkan dengan berenang, kita melakukan ikhtiar untuk memiliki napas panjang mencapai tujuan panjang ini. Agar sehat, dan tujuan kita ini selamat dari Covid-19," kata Sandiaga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandiaga mengungkapkan, untuk membangkitkan pariwisata, masyarakatnya juga harus sehat. Ia berharap aksinya bisa menginspirasi masyarakat di Kepulauan Seribu untuk tetap bertahan agar tetap mampu mencapai tujuan.

Dari jumlah penduduk di Kepulauan Seribu yang mencapai lebih dari 29.000 jiwa, vaksinasi Covid-19 ditargetkan diberikan kepada 22.915 orang. Saat ini vaksinasi dosis pertama telah diberikan kepada 18.000 orang sehingga Kepulauan Seribu telah ditetapkan sebagai zona hijau untuk vaksinasi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu tercatat menurun akibat pandemi. Di tahun 2019, kunjungan wisatawan mencapai 650.000 dan turun 60 persen di tahun 2020 dengan jumlah wisatawan sebesar 230.000.

“Siapa yang sudah rindu berwisata di laut? Dengan mendorong program vaksinasi, kita optimis dapat segera tercapai herd immunity, sehingga lapangan kerja di sektor pariwisata dan bahari dapat segera bangkit. Vaksinasi ini ditargetkan 100 persen terdistribusi kepada masyarakatnya,” ujar Sandiaga di laman Instagramnya.

Baca juga: Hanwha Life Luncurkan Produk Hanwha Premier Health Care

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.