Holding BUMN Jasa Survei Dorong UMKM Nasional Tingkatkan Daya Saing

Kompas.com - 13/08/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Jasa Survei menggelar berbagai kegiatan dalam upaya peningkatan daya saing untuk mendorong UMKM naik kelas. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2021.

Adapun Holding BUMN Jasa Survei terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) (Persero), PT Sucofindo (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero).

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M Haris Witjaksono mengatakan, perusahaannya mengadakan sosialisasi sertifikasi TKDN bagi UMK Mitra Binaan.

Baca juga: Targetkan UMKM Ekspor, Pemerintah Minta LPEI Kelola Pendanaan UMKM

Program ini ditujukan untuk membantu UMK Mitra Binaan dalam meningkatkan nilai jual dalam menawarkan produk, preferensi harga dalam tender, optimalisasi kapasitas, dan kualitas produk guna meningkatkan daya saing dan memajukan perekonomian nasional.

"Tujuan penyelenggaraan acara Hari UMKM Nasional yaitu untuk membangkitkan semangat UMKM agar tetap optimis menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19, serta insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya," ujar Haris dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, untuk mendukung UMKM nasional, Sucofindo mengadakan penyerahan bantuan kepada para peternak sapi di Semarang. Bantuan ini berupa pinjaman modal kerja dengan total nilai sebesar Rp 1,075 miliar yang diberikan kepada 30 peternak sapi.

"Kegiatan penyerahan program ini telah rutin kami lakukan. Hal ini sebagai respon dan fokus kami dalam menjalankan program kerja BUMN untuk meningkatkan nilai ekonomi serta dampak sosial terutama di bidang ketahanan pangan, energi, dan kesehatan,” kata Direktur Utama Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Baca juga: Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta di Eform BRI Tahap 3

Selain itu, lanjut dia, perusahaanya juga memiliki layanan dalam memberikan sertifikasi untuk produk halal yang diproduksi UMKM, pelatihan penyelia halal UMKM, Sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) untuk industri pariwisata, serta verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Sedangkan Direktur Utama PT BKI Rudiyanto menambahkan, pihaknya akan memberikan bantuan kepada UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman, antara lain Cia - Cia (snack dan kue kering) dan Ikomori (minuman teh & kopi kemasan).

Bantuan tersebut nantinya diharapkan dapat membantu para UMKM untuk dapat menjalankan dan memasarkan produksinya kembali setelah berhenti berproduksi karena dampak pandemi Covid-19, yang telah mengakibatkan penurunan omzet.

"Kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab dari BUMN Hoding Jasa Survei untuk menggiatkan kembali UMKM yang produktifitasnya menurun akibat kondisi Pandemi, dimana secara langsung UMKM dapat menjalankan kembali usahanya dengan manajemen yang lebih baik," ungkapnya.

Melalui peringatan hari UMKM Nasional, Holding BUMN Jasa Survei berharap dapat menjadikan momentum ini untuk bangkit, baik dalam inovasi bisnis maupun, kapasitasnya itu sendiri.

Sehingga, kedepannya UMKM dapat mengembangkan konsep-konsep baru dalam melakukan kegiatan wirausaha dengan mengedepankan prinsip-prinsip utilitas dan business sustainable, sebagaimana telah dijalankan oleh usaha kecil di belahan dunia lain.

Baca juga: Ini Cara Cek Penerima dan Syarat Mendapat Bantuan UMKM Tahap 2 Tahun 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.