Kompas.com - 14/08/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi manajemen organisasi shutterstock.comIlustrasi manajemen organisasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah manajemen sering kita dengar dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Misalnya saja dalam suatu perusahaan atau badan usaha.

Manajemen yang baik dan tepat membantu semua faktor dalam usaha berjalan sesuai ketetapan perusahaan. Tujuan yang ditargetkan perusahaan akan tercapai dengan adanya hal tersebut.

Lantas, apa pengertian manajemen?

Baca juga: Pengertian Supply dan Demand Beserta Faktor yang Mempengaruhinya

Menurut buku Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X karya Ismawanto, istilah manajemen mengandung tiga pengertian. Pertama, manajemen sebagai proses, kedua, sebagai kolektivitas dari orang-orang yang melakukan aktivitas di dalamnya dan ketiga, sebagai suatu seni dan ilmu.

Sementara itu, menurut Griffin manajemen adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.

Fungsi Manajemen dalam Pengelolaan Badan Usaha

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencapai tujuan perusahaan ditunjuklah orang sebagai manajer untuk melakukan aktivitas manajemen. Aktivitas manajemen merupakan serangkaian kegiatan atau fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan oleh manajer.

Berikut beberapa fungsi manajemen:

  • Fungsi perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal untuk mencapai tujuan perusahaan. Artinya, perencanaan adalah penentuan terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan.

Perencanaan yang baik memuat unsur-unsur pertanyaan seperti what, why, where, when, who, dan how. Dalam perencanaan, memuat strategi yang dirumuskan untuk mencapai tujuan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.