Pertamina Temukan Cadangan Gas Hidrokarbon di Sulawesi Tengah

Kompas.com - 14/08/2021, 20:16 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina EP kembali menemukan cadangan gas hidrokarbon ketika melakukan pengeboran sumur eksplorasi West Penyu (WPY)-001 di Desa Samalore, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Atas penemuan itu, Kepala Divisi Pemboran SKK Migas, Surya Widyantoro mengatakan, KKKS bakal melakukan evaluasi data hasil lapangan untuk memastikan besaran cadangan di kawasan tersebut.

"Untuk mendapatkan data yang lebih pasti, kami mengusulkan agar data dievaluasi berdasarkan data Seismik 3D Pesut Mas yang diakuisisi pada tahun 2019 dan diusulkan untuk mengkonfirmasi keberadaan hidrokarbon pada batugamping Formasi Minahaki berumur Miosen Tengah,” kata Surya Widyantoro dalam siaran pers, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: Usai Ambil Alih Blok Rokan, Pertamina Langsung Mengebor Sumur Baru

Surya mengungkapkan, kronologi pengeboran dimulai pada tanggal 14 Mei 2021. Saat itu, Sumur WPY-001 mulai dibor dengan trayek bor miring (directional).

Pengeboran dilakukan dari lokasi Sumur Penyu-001 ke arah barat laut menuju titik target dengan rencana kedalaman akhir pada 2.390 meter di bawah permukaan tanah (Measure Depth).

Proses pengeboran terlaksana selama 62 hari. Pada tanggal 10 Juli 2021 sumur WPY-001 mencapai titik kedalaman akhir 2.420 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah dilakukan evaluasi petrofisika oleh Pertamina EP, lebih lanjut diusulkan 2 interval Uji Kandung Lapisan (UKL)," ucap Surya.

Adapun saat ini, Sumur WPY-001 sedang mempersiapkan proses penutupan sumur dan diperkirakan rig pemboran akan meninggalkan lokasi pada tanggal 17 Agustus 2021.

"Selanjutnya, akan dilakukan evaluasi perhitungan sumberdaya berdasarkan hasil pemboran yang dilakukan," beber dia.

Tercatat sejak Januari-Agustus 2021, sudah ada 15 sumur eksplorasi yang dilakukan pengeboran, dengan status 9 sumur sampai kedalaman akhir dan 6 sumur masih dalam pengeboran.

Baca juga: Meroket Hampir 300 Persen, Laba Bersih BUMN Minyak Arab Saudi Tembus Rp 366 Triliun

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.