Kompas.com - 14/08/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi badan usaha freepik.com/biancoblueIlustrasi badan usaha

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan usaha swasta memiliki bentuk yang beragam. Salah satu bentuk badan usaha swasta adalah firma.

Mengutip buku Ekonomi 3: Ekonomi dan Kehidupan untuk SMA/MA Kelas XII karya Indrastuti dkk, firma adalah perusahaan yang dibentuk atas dasar kesepakatan antara dua orang atau lebih untuk menjalankan suatu usaha bersama dengan menggunakan nama bersama.

Kesepakatan tersebut dibuat secara tertulis (akta perjanjian) di antara orang-orang yang me-rencanakan firma dan dilakukan di depan notaris.

Baca juga: Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Bidang-bidangnya

Apabila sebuah persekutuan dengan firma didirikan dengan resmi, maka akta tersebut harus didaftarkan pada kepaniteraan Pengadilan Negeri yang mengumumkannya di dalam Berita Negara Republik Indonesia (BNRI).

Untuk masalah modal, bentuk badan usaha swasta ini a berasal dari setoran setiap orang yang terikat dalam kesepakatan pendiriannya. Besar kecilnya bagian modal setiap anggota ditetapkan berdasarkan kesepakatan bersama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seseorang yang mempunyai keahlian tertentu yang sangat menunjang keberhasilan firma, dapat diterima sebagai anggota pemilik tanpa menyetor sejumlah modal. Keahliannya tersebut dihargai setara dengan bagian modal yang semestinya disetorkan.

Setiap pemilik firma bertanggungjawab sepenuhnya atas utang-utang perusahaan. Sementara itu, pembagian laba biasanya didasarkan pada jumlah modal yang disetor.

Kriteria lain, seperti keahlian dan pengalaman masing-masing anggota dapat juga dipakai sebagai dasar pertimbangan lainnya. Pada prinsipnya, setiap anggota berhak memimpin perusahaan. Namun, demi kepentingan perusahaan biasanya dipilih salah satu di antara anggota menjadi pimpinan utama.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Ekonomi Makro?

Kelebihan Firma

  • Perhatian sekutu sungguh-sungguh pada perusahaan

Dalam persekutuan dengan firma, tiap sekutu tidak saja bertanggung jawab pada tindakan-tindakan tetapi bertanggungjawab pula pada tindakan-tindakan sekutu lainnya.

  • Mempunyai kemampuan yang lebih besar dalam membentuk modal

Karena pemilik firma lebih dari satu orang, maka perusahaan mempunyai kemampuan yang lebih besar untuk membentuk atau menambah modal perusahaan.

  • Kemampuan manajemen lebih besar

Dengan melibatkan seluruh anggota untuk memikirkan penyusunan strategi perusahaan maka secara potensial firma dapat memiliki tim manajemen yang kuat.

Kekurangan Firma

  • Tanggung jawab pemilik atas utang-utang perusahaan tidak terbatas. Dalam hal perusahaan menderita kebangkrutan, harta pemilik yang berada di luar perusahaan ikut dipertaruhkan sebagai jaminan.
  • Kekeliruan yang dilakukan oleh seseorang anggota pemiliknya menggunakan satu nama bersama. Hal ini mengandung risiko,tindakan yang menimbulkan kerugian harus dipikul secara bersama-sama oleh seluruh anggota. Contoh: praktik dokter bersama merupakan firma.

Baca juga: Pengertian Supply dan Demand Beserta Faktor yang Mempengaruhinya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.