Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Merdekakan Karyawan, Bisnis Sepatu Wanita Shopatblow Sukses Menembus Pasar Dunia

Kompas.com - 15/08/2021, 11:16 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemilik toko online sepatu wanita Blow Official Shop (Shopatblow), Vincent, mengatakan, kemerdekaan karyawan secara finansial adalah tonggak pencapaian penting dalam perjalanan panjang bisnisnya.

“Setiap ada karyawan atau pengrajin yang cerita ke saya, mereka sudah mulai cicil mobil, cicil rumah, dan beli tanah, itu jadi dorongan bagi saya untuk terus maju dan punya ambisi untuk mengembangkan usaha ini,” tutur Vincent dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Sabtu (14/8/2021).

Vincent merasa senang, karena di usia belum menginjak 25 tahun, ia dapat menjadi saksi perkembangan hidup banyak karyawannya.

Pada 2016, usaha sepatu wanita bernama Shopatblow ini mulai digarap oleh Vincent di kawasan Tangerang, Banten.

Awalnya, Vincent tidak pernah terpikir menjadi produsen sepatu wanita. Ia hanya fokus menjual produk sepatu sisa gudang dengan blusukan ke pasar-pasar dan bazar offline di berbagai tempat.

Baca juga: Sempat Gagal 2 Kali, Intip Kisah Inspiratif Yudha Kembangkan Waralaba Fried Chicken “Lazizaa”

Saat itu, meskipun telah mengerahkan semua upaya, Shopatblow masih nihil pendapatan, bahkan merugi dalam berjualan secara offline.

Namun, saat pertama kali berjualan online, Vincent langsung mendapat lonjakan permintaan hingga ribuan pasang sepatu di kampanye akhir tahun Shopee pada 2019.

Ia pun sadar, satu-satunya cara mempertahankan bisnis dan menjaga performa baik adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Menurut Vincent, kunci sukses perkembangan bisnis tak luput dari dukungan karyawan dan pengrajin yang sudah dianggap sebagai keluarga sendiri.

Menjadi tugas tersendiri bagi Vincent untuk membuat cara kerja dan pengelolaan sistem menjadi lebih efisien.

Apalagi di tengah situasi pandemi dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Vincent sebagai pemilik bisnis harus memutar otak untuk memastikan fasilitas penjualan agar seluruh pesanan terpenuhi.

Baca juga: 5 Kunci Sukses Bangun Bisnis ala Ny. Swan Founder Dapur Solo

Vincent mengatakan, saat jumlah karyawan dan pengrajin Shopatblow berangsur-angsur bertambah, Shopee turut memberikan bimbingan dan solusi atas kendala pengelolaan inventori dan gudang.

Saat ini, Shopatblow telah membangun pabrik dan kantor yang menjadi rumah kedua bagi lebih dari 180 orang karyawan dan pengrajin.

Pabrik dan kantor Shopatblow tersebar di lima daerah, yaitu Jakarta, Bogor, Tangerang, Semarang, dan Surabaya.

Vincent mengatakan, ekspansi tim menjadi hal fundamental bagi perkembangan bisnisnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com