KILAS

Merdekakan Karyawan, Bisnis Sepatu Wanita Shopatblow Sukses Menembus Pasar Dunia

Kompas.com - 15/08/2021, 11:16 WIB
Karyawan Shopatblow sedang bekerja di gudang DOK. Humas ShopeeKaryawan Shopatblow sedang bekerja di gudang

KOMPAS.com – Pemilik toko online sepatu wanita Blow Official Shop (Shopatblow), Vincent, mengatakan, kemerdekaan karyawan secara finansial adalah tonggak pencapaian penting dalam perjalanan panjang bisnisnya.

“Setiap ada karyawan atau pengrajin yang cerita ke saya, mereka sudah mulai cicil mobil, cicil rumah, dan beli tanah, itu jadi dorongan bagi saya untuk terus maju dan punya ambisi untuk mengembangkan usaha ini,” tutur Vincent dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Sabtu (14/8/2021).

Vincent merasa senang, karena di usia belum menginjak 25 tahun, ia dapat menjadi saksi perkembangan hidup banyak karyawannya.

Pada 2016, usaha sepatu wanita bernama Shopatblow ini mulai digarap oleh Vincent di kawasan Tangerang, Banten.

Awalnya, Vincent tidak pernah terpikir menjadi produsen sepatu wanita. Ia hanya fokus menjual produk sepatu sisa gudang dengan blusukan ke pasar-pasar dan bazar offline di berbagai tempat.

Baca juga: Sempat Gagal 2 Kali, Intip Kisah Inspiratif Yudha Kembangkan Waralaba Fried Chicken “Lazizaa”

Saat itu, meskipun telah mengerahkan semua upaya, Shopatblow masih nihil pendapatan, bahkan merugi dalam berjualan secara offline.

Namun, saat pertama kali berjualan online, Vincent langsung mendapat lonjakan permintaan hingga ribuan pasang sepatu di kampanye akhir tahun Shopee pada 2019.

Ia pun sadar, satu-satunya cara mempertahankan bisnis dan menjaga performa baik adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Menurut Vincent, kunci sukses perkembangan bisnis tak luput dari dukungan karyawan dan pengrajin yang sudah dianggap sebagai keluarga sendiri.

Menjadi tugas tersendiri bagi Vincent untuk membuat cara kerja dan pengelolaan sistem menjadi lebih efisien.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.