Erick Thohir: Pabrik Petrokimia Gresik Bisa Produksi 23 Ton Liquid Oksigen/Hari

Kompas.com - 15/08/2021, 20:00 WIB
Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo (kiri), saat mendampingi menteri BUMN Erick Thohir meninjau unit produksi oksigen Air Separation Plant (ASP), Minggu (15/8/2021). Dok. Petrokimia GresikDirektur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo (kiri), saat mendampingi menteri BUMN Erick Thohir meninjau unit produksi oksigen Air Separation Plant (ASP), Minggu (15/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, PT Petrokimia Gresik telah mengaktifkan kembali pabrik produksi oksigen Air Separation Plant (ASP).

Hal ini dilakukan melihat tingginya kebutuhan oksigen untuk penanganan para pasien Covid-19 di Indonesia.

"Yang tidur kita bangunkan. Yang sudah tidak beroperasi, kita aktifkan," ujar Erick Thohir dalam akun Instagram pribadinya, Minggu (15/8/2021).

Baca juga: Pesan Erick Thohir ke PLN: Stop Permainan Proyek yang Enggak Penting

Unit ASP Petrokimia Gresik memiliki kapasitas produksi mencapai 23 ton oksigen likuid per hari, dengan tingkat puritas oksigen mencapai 99,61 persen.

Selain itu, kapasitas tangki penampung sebesar 150 ton, serta dilengkapi fasilitas pengisian tabung oksigen dan pengisian truk isotank.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Insyaallah 23 ton liquid oksigen per hari dari ex-pabrik yang dihidupkan kembali, siap diproduksi fasilitas air separation plant Petrokimia Gresik," kata mantan bos Inter Milan itu.

Baca juga: Erick Thohir: Alih Kelola Blok Rokan Jadi Kado Istimewa HUT RI ke-76

Erick menuturkan, pengaktifan kembali pabrik produksi oksigen Air Separation Plant milik Petrokimia Gresik ini merupakan salah satu usaha BUMN untuk mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Satu lagi ikhtiar BUMN untuk mendukung secara optimal upaya pemerintah dalam penanganan pandemi. Kado berikutnya dari BUMN untuk Indonesia," ungkap Erick Thohir.

Baca juga: Pangkas Komisaris, Erick Thohir: Ini Momen Garuda Indonesia Bersih-bersih

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.