Kompas.com - 16/08/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi ThinsktockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal terhitung sehari lagi masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-76.

Pertanyaannya, apakah generasi milenial sudah bisa merdeka secara finansial?

Sebagai penerus bangsa, generasi milenial tentu harus melek finansial. Melek finansial bisa diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang memengaruhi sikap serta perilaku masyarakat dalam mengambil keputusan dan pengelolaan keuangannya.

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Tahun 2019 menyatakan, hanya 38,03 persen masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat literasi akan keuangan.

Baca juga: Jokowi: Saya Senang Peningkatan Investor BEI Didominasi Domestik dan Milenial

Kemudian, terdapat 76,19 persen masyarakat Indonesia yang memiliki akses terhadap produk keuangan yang tepat (inklusi keuangan). Meski persentase tersebut meningkat tiap tahun, namun jarak literasi dan inklusi keuangan masyarakat masih sangat jauh.

Pengaruh dari gaya hidup yang dinamis dan minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan menjadi penyebab bagi milenial sulit merdeka secara keuangan. Lalu, bagaimana caranya milenial bisa merdeka finansial?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mari kita simak penjelasan berikut.

1. Mengetahui prioritas dalam keuangan

Perencana Keuangan Finansialku, Shierly, CFP® memaparkan bahwa esensi kemerdekaan harus dirasakan oleh semua generasi dan terbebas dari rasa takut untuk dijajah serta tertindas.

“Kalau merdeka finansial berarti bebas apa yang kita ingin lakukan tanpa perlu khawatir kalau kita kekurangan uang, dan juga tidak khawatir atau takut karena ada kewajiban atau utang yang harus dibayar,” tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.