Jokowi Pidato Nota Keuangan, Bagaimana Proyeksi IHSG Hari Ini?

Kompas.com - 16/08/2021, 07:12 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembukaan perdagangan saham tahun 2020 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Pada awal perdagangan pertama tahun 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 0,22 persen atau 13,59 poin di level 6.313,13. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak APresiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembukaan perdagangan saham tahun 2020 di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Pada awal perdagangan pertama tahun 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 0,22 persen atau 13,59 poin di level 6.313,13. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan, Senin (16/8/2021) akan dipengaruhi oleh beberapa sentimen.

IHSG pada perdagangan Jumat (13/8/2021) lalu, ditutup turun tipis 0,001 persen (0,160 poin) ke level 6.139,49.

Analis Erdikha Elit Sekuritas Regina Fawziah menyebut, ada beberapa katalis yang perlu diperhatikan oleh investor pada perdagangan hari ini, seperti penjualan eceran China selama bulan Juli yang diproyeksikan akan turun menjadi 11,5 persen dari sebelumnya 12,1 persen.

Tingkat pengangguran China diproyeksikan masih stagnan di level 5 persen, dan Industrial Production China yang diproyeskikan akan tumbuh positif 6,2 persen setelah sebelumnya terkontraksi sebesar 6,8 persen.

Baca juga: Apa Itu IHSG? Ini Pengertian, Manfaat, dan Cara Hitungnya

Pekan ini juga akan ada rilis beberapa data ekonomi domestik seperti seperti neraca perdagangan, data ekspor serta impor. Ada juga penentuan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang diperkirakan masih akan sama dari sebelumnya.

Pembacaan nota keuangan dan RAPBN 2022 juga berpotensi berpengaruh terhadap pergerakan IHSG.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Regina menyebut, berdasarkan histori tahun-tahun sebelumnya, pidato kenegaraan presiden, terutama dari nota keuangan, memang sedikit berpengaruh terhadap pergerakan indeks.

Karena biasanya, selain ada pembacaan terkait nota keuangan, ada juga penyampaian terkait RAPBN 2022, proyeksi pertumbuhan ekonomi 2022, target inflasi, tingkat suku bunga SUN, dan lain-lain yang memang sebelumnya telah disetujui oleh Badan Anggaran DPR RI.

Regina memproyeksikan, IHSG hari ini akan bergerak pada kisaran support 6.090 dan level resistance 6.200. Sementara dalam sepekan ke depan, IHSG akan bergerak pada range 6.100-6.250.

Baca juga: Mengenal 4 Indeks Saham Syariah di Pasar Saham Indonesia

Sementara Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memprediksi, hari ini pasar masih akan sepi sentimen. Hanya saja, investor menanti rilis data neraca perdagangan dan penentuan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

“Kami memperkirakan pergerakan IHSG masih cenderung bergerak fluktuatif dengan rentang 6.094-6.160,” terang Herditya seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Untuk perdagangan Senin, investor dapat mencermati saham dari sektor finance dan agriculture. (Akhmad Suryahadi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Stagnan di akhir pekan lalu, begini proyeksi IHSG untuk Senin (16/8)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.