Kompas.com - 16/08/2021, 09:25 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021. YouTube/Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menyebut satuan antara krisis, resesi, dan pandemi seperti api.

Api berpotensi membakar, tetapi juga mampu memberi banyak pelajaran. Pelajaran tersebut didapat ketika pandemi, krisis, ataupun resesi tidak bisa dihindari oleh suatu negara.

Jika api terkendali, dia menginspirasi dan memotivasi. Jokowi berujar, pandemi yang seperti api menyakitkan, tetapi juga sekaligus menguatkan.

Baca juga: Jokowi Turunkan Harga Tes PCR Jadi Rp 450.000, Ini Tanggapan Perhimpunan RS

"Krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api. Kalau bisa kita hindari, tetapi jika hal itu terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari. Api memang membakar, tetapi juga menerangi," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD, Senin (16/8/2021).

Namun, Jokowi ingin api dalam pandemi ini menerangi, bukan membakar. Pandemi, kata Jokowi, menerangi untuk selalu mawas diri dan memperbaiki diri. Pun menguatkan diri menghadapi tantangan masa depan.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pandemi seperti kawah candradimuka yang menguji, mengajarkan, dan sekaligus mengasah. Sebab, pandemi memberikan beban berat, penuh risiko, dan memaksa untuk dihadapi dan dikelola.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Selamat Tinggal Resesi, Ekonomi Indonesia Kuartal II 2021 Tumbuh 7,07 Persen

"Semua pilar kehidupan kita diuji, semua pilar kekuatan kita diasah. Ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan kita, semua diuji sekaligus diasah," beber Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, ujian dan asahan memang tidak terpisahkan seperti dua sisi mata uang. Selain beban, pandemi memberikan kesempatan untuk memperbaiki.

"Tatkala ujian itu terasa semakin berat, asahannya juga semakin meningkat. Itulah proses menjadi bangsa yang tahan banting, yang kokoh, dan yang mampu memenangkan gelanggang pertandingan," ucap Jokowi.

Baca juga: Pertamina Resmi Kelola Blok Rokan, Ini Pesan Jokowi



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.