Jokowi: Pandemi Covid-19 Memacu Kita Terobos Ketidakmungkinan...

Kompas.com - 16/08/2021, 09:52 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, pandemi Covid-19 telah memacu untuk mengembangkan cara-cara baru dan berinovasi.

Adaptasi dengan mempraktikkan cara-cara baru mampu membawa RI keluar dari pandemi Covid-19, seperti berbagai macam krisis yang telah dilampaui selama ini.

"Pandemi Covid-19 telah memacu kita untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan," kata Jokowi dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPD, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Jokowi: Kemandirian Industri Obat, Vaksin, dan Alat Kesehatan Masih Jadi Kelemahan Indonesia

Karena pandemi, seluruh negara termasuk Indonesia membangun normalitas baru dan melakukan hal-hal yang dianggap tabu selama ini.

Memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan tidak membuat keramaian adalah kebiasaan baru yang dulu dianggap tabu.

Selain mematuhi protokol kesehatan, orang juga dipaksa melakukan segalanya dari rumah. Mulai dari belanja daring, pendidikan jarak jauh, serta rapat dan sidang secara daring. Padahal dulu, kebiasaan itu ragu dilakukan.

"Di tengah dunia yang penuh disrupsi sekarang ini, karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasi hal-hal baru, merupakan fondasi untuk membangun Indonesia maju. Adanya pandemi Covid-19 sekarang ini, akselerasi, inovasi, semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita," ucap dia.

Baca juga: Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen, Mendag: Konsumsi Membaik ke Masa Sebelum Pandemi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.