Ekonomi Tumbuh 7,07 Persen, Jokowi: Perlu Dijaga Momentumnya

Kompas.com - 16/08/2021, 11:40 WIB
Ilustrasi perekonomian Indonesia. Shutterstock/David CarilletIlustrasi perekonomian Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta momentum pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2021 tetap dijaga.

Tercatat pada kuartal II 2021, ekonomi RI tembus 7,07 persen yang dipengaruhi oleh pemulihan ekonomi di samping faktor base effect.

"Di kuartal kedua 2021, kita mampu tumbuh 7,07 persen dengan tingkat inflasi yang terkendali di angka 1,52 persen (yoy). Capaian ini harus terus dijaga momentumnya," ucap Jokowi dalam Pidato Kepresidenan Penyampaian RUU APBN 2002 beserta Nota Keuangan, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Jokowi: Krisis, Resesi, dan Pandemi Itu seperti Api...

Jokowi berujar, momentum tersebut harus dijaga dengan reformasi struktural yang terus diperkuat. UU Cipta Kerja, Lembaga Pengelola Investasi, dan Sistem OSS berbasis risiko adalah beberapa contohnya.

Menurut dia, capaian itu adalah lompatan kemajuan yang dampaknya bukan hanya ada pada peningkatan produktivitas, daya saing investasi dan ekspor, tapi juga pada penciptaan lapangan kerja yang berkualitas dan pemulihan ekonomi berkelanjutan.

"Untuk itu, produktivitas harus ditingkatkan. Produktivitas akan bisa meningkat bila kualitas SDM juga membaik, diperkuat oleh konektivitas yang semakin merata, pembangunan infrastruktur yang dipercepat," sebut Jokowi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut dia menuturkan, APBN harus antisipatif menghadapi berbagai dampak krisis.

Selain krisis akibat pandemi, Indonesia masih dihadapkan pada tantangan global lain, seperti ancaman perubahan iklim, peningkatan dinamika geopolitik, serta pemulihan ekonomi global yang tidak merata.

"Karena itu APBN harus antisipatif, responsif, dan fleksibel merespons ketidakpastian, namun tetap mencerminkan optimisme dan kehati-hatian," pungkas dia.

Baca juga: Selamat Tinggal Resesi, Ekonomi Indonesia Kuartal II 2021 Tumbuh 7,07 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.