Dirut BNI Beberkan Proyeksi Bisnis Perseroan hingga Akhir 2021

Kompas.com - 16/08/2021, 12:52 WIB
Logo BNI. Shutterstock/RafapressLogo BNI.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 12,8 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada semester I-2021, menjadi Rp 5 triliun. Capaian ini dinilai sudah sejalan dengan target perseroan hingga akhir 2021.

Salah satu penopang utama capaian tersebut ialah peningkatan pendapatan bunga bersih (NII) sebesar 18,2 persen secara yoy atau mencapai Rp 19,3 triliun, didorong oleh pertumbuhan kredit sebesar 4,5 persen secara yoy, sehingga total kredit perseroan mencapai Rp 569,7 triliun hingga Juni 2021.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, pada paruh kedua tahun ini, penyaluran kredit perseroan masih memiliki ruang untuk tumbuh. Meskipun demikian, BNI telah memangkas proyeksi pertumbuhan kredit dari semula pada rentang 6-9 persen, menjadi 5-7 persen.

Baca juga: Jokowi Patok Defisit APBN Rp 868 Triliun Tahun Depan

"Walaupun kita yakin di semester II masih ada room untuk tumbuh, namun dalam penyampaian ke OJK kami sudah revisi (target penyaluran kredit)," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (16/8/2021).

Sementara itu untuk penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), BNI menargetkan adanya pertumbuhan single digit, di mana dana murah atau CASA akan memiliki porsi terbesar di kisaran 65-68 persen.

Lebih lanjut Royke menyebutkan, perseroan akan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, dengan tetap melakukan pencadangan di level yang cukup. Tercatat pada semester I-2021, pencadangan BNI mencapai 215,3 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan proyeksi-proyeksi tersebut, BNI menargetkan hingga akhir tahun 2021, perseroan dapat membukukan laba bersih di kisaran Rp 9 triliun sampai Rp 9,5 triliun.

"Saat ini tetap on track, seperti sebelum pandemi," ucap Royke.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Pendapatan Negara Capai Rp 1.840,7 Triliun di 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.