Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan Rp 541,7 Triliun Tahun 2022 buat Beasiswa sampai Bidikmisi

Kompas.com - 17/08/2021, 07:16 WIB
Ilustrasi beasiswa mahasiswa aktif. DOK. PEXELSIlustrasi beasiswa mahasiswa aktif.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar Rp 541,7 triliun pada tahun 2022.

Anggaran dialokasikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai modal utama pembangunan nasional.

"Anggaran pendidikan mencapai Rp 541,7 triliun, ini relatif stabil dibanding tahun ini Rp 540 triliun outlook-nya dari yang dianggarkan Rp 550 triliun," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2022 di Jakarta, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Sri Mulyani Siapkan Anggaran BST hingga BLT Rp 153,7 Triliun Tahun Depan

Wanita yang akrab disapa Ani ini mengungkap, anggaran pendidikan memang meningkat cukup signifikan bila dibanding dengan situasi pra Covid-19. Sebagian anggaran ini disalurkan melalui dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

"Anggaran pendidikan sebagian disalurkan melalui TKDD dan maka itu kualitas belanja pendidikan akan sangat tergantung pada kualitas belanja daerah," ucap Sri Mulyani.

Dia memerinci, anggaran pendidikan ini digunakan untuk bidikmisi/KIP Kuliah, Program Indonesia Pintar, beasiswa LPDP, dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bantuan untuk Bidikmisi maupun KIP Kuliah akan menyasar 650.600 mahasiswa, Program Indonesia Pintar menyasar 20,2 juta siswa, beasiswa LPDP kepada 8.600 mahasiswa baru, dan bantuan BOS kepada 53,99 juta jiwa.

Selain melalui TKDD, anggaran tersebut di beberapa kementerian, seperti Kementerian Agama dan Kemendikbudristek.

Baca juga: Anggaran Infrastruktur Rp 384,8 Triliun di 2022 untuk Jalan Tol hingga Bangun 6 Bandara

"Dari sisi belanja pusat, termasuk Kementerian Agama untuk biaya operasi pendidikan baik pesantren maupun lembaga, dan bantuan operasional sekolah utk 53,9 juta siswa. Di Kemendikbud ada Bidikmisi dan Program Indonesia Pintar," pungkas Sri Mulyani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.