Sandiaga Uno: Industri Game Menyumbang Rp 24,88 Triliun dari PDB

Kompas.com - 17/08/2021, 08:43 WIB
Ilustrasi game Run Sackboy! Run! dan Uncharted: Fortune Hunter di Google Play Store. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi game Run Sackboy! Run! dan Uncharted: Fortune Hunter di Google Play Store.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, industri game di Indonesia berhasil menyumbang 2,19 persen atau Rp 24,88 triliun dari total PDB.

Menurut dia, industri ini bisa menjadi modal tersendiri bagi kebangkitan subsektor ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

“Nominal sebesar Rp24,88 triliun atau sekitar 2,19 persen sumbangan subsektor aplikasi dan game developer untuk PDB nasional. Ini juga sejalan dengan janji Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan e-sport dan industri gaming yang menjadi salah satu modal bangsa,” kata Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Senin (16/8/2021).

Baca juga: Wamendag Sebut Game Online Potensial Ekspor

Sandiaga menjelaskan, industri game termasuk dalam 17 subsektor ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia.

Aplikasi dan permainan (game) pada 2020 juga menempati posisi ke-7 penyumbang terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia.

Sandiaga bilang, pihaknya akan terus berupaya membuka akses pasar seluas-luasnya khususnya bagi para pelaku ekonomi kreatif subsektor aplikasi atau game.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19-19 saat ini.

“Subsektor Aplikasi Game Developer (AGD) malah menunjukkan tren kenaikan positif dibandingkan dengan subsektor lainnya. Tercatat subsektor AGD memiliki nilai pertumbuhan positif tertinggi kedua setelah subsektor TV dan radio,” jelas Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga: Perempuan Jadi Game Changer Ekonomi Kreatif di RI

Sandiaga berharap, dengan pertumbuhan 4,47 persen, industri game bisa menjadi pandemic winner untuk mendorong pergerakan ekonomi Indonesia, bersama subsektor prioritas dan unggulan lainnya.

“Saya mengajak para stakeholder di Indonesia untuk tetap positif dan optimistis karena kita melihat kondisi ini sangat dinamis tapi kita yakin di industri game ini ada peluang yang harus dimanfaatkan untuk menjadi pemenang,” kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.