Intip Suasana Peringatan Detik-detik Proklamasi di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 17/08/2021, 16:20 WIB
Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Bandara Soekarno-Hatta. dok. Angkasa Pura IIPeringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Bandara Soekarno-Hatta.


JAKARTA, KOMPAS.com – Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (17/8/2021) berlangsung khidmat.

Tepat pukul 10.17 WIB seluruh kegiatan di terminal penumpang pesawat dihentikan sementara waktu demi memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Penghentian kegiatan sejekan itu dilakukan untuk mengajak penumpang pesawat, pengunjung bandara dan staf bandara untuk berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna memperingati kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Promo HUT Ke-76 RI, Ada Diskon hingga 45 Persen di Blibli

Di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tepatnya dilakukan kegiatan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan dibunyikannya sirine pada pukul 09.53 WIB.

“Dalam rangka memperingati HUT ke-76 Indonesia, AP II melaksanakan kegiatan peringatan detik-detik Proklamasi di seluruh bandara, seperti yang dilakukan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya.

Muhammad Awaluddin menuturkan, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, kegiatan dimulai dengan dibunyikannya sirine, lalu dilanjutkan dengan diperdengarkannya suara Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno saat membaca naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jadi Kado HUT Ke-76 RI, 3 Ruas Tol dan Jalan Lingkar Brebes-Tegal Siap Diresmikan

“Kemudian pengumandangan lagu Indonesia Raya, yang diikuti dengan penghentian setiap aktivitas untuk mengajak seluruh penumpang pesawat dan pengunjung bandara berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna,” ujar Awaluddin.

Di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, kegiatan peringatan kemerdekaan ini diikuti oleh setiap orang yang ada di terminal.

“Peringatan kemerdekaan Indonesia berlangsung khidmat di bandara-bandara AP II, seperti terlihat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, setiap orang berdiri tegak dan mengambil sikap sempurna untuk menghormati peringatan detik-detik Proklamasi,” lanjutnya.

Baca juga: Kibarkan Bendera di Bawah Air pada HUT RI, JAQS: Kita Sama-sama Berjuang Hadapi Pandemi

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.