HUT Ke-76 RI, Kementerian PUPR Rampungkan 3 Ruas Tol dan 1 Jalan Nasional

Kompas.com - 17/08/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam peringatan HUT ke-76 RI, pemerintah telah merampungkan pembangunan tiga ruas jalan tol baru sepanjang 69 kilometer (km) dan satu jalan lingkar sepanjang 17,4 km di sejumlah provinsi.

Keempat ruas jalan tersebut siap beroperasi agar meningkatkan konektivitas dan kelancaran lalu lintas dan logistik yang pada akhirnya mendorong tumbuhnya pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Basuki menambahkan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk nasional.

"Kami selesaikan pembangunan tiga ruas jalan tol dan jalan lingkar yang bertepatan dengan momentum Dirgahayu ke-76 RI merupakan bukti bahwa pemerintah bersama pelaku industri jasa konstruksi terus bekerja di tengah pandemi Covid-19," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (17/8/2021).

Baca juga: 42.153 Pekerja Tak Lolos Verifikasi Subsidi Gaji, Ini Penyebabnya

Ruas jalan tol pertama yang siap diresmikan pengoperasiannya adalah di Pulau Kalimantan, yakni Tol Balikpapan-Samarinda Seksi I ruas Balikpapan-Samboja (22 km) dan Seksi V ruas Sepinggan-Balikpapan (11,1 km). Dua ruas tersebut merupakan titik krusial untuk operasi penuh Tol Balikpapan-Samarindah pada Seksi II, III, dan IV yang telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2019.

Dengan beroperasinya ruas tol tersebut maka waktu tempuh dari Balikpapan-Samarinda dari semula sekitar 3 jam menjadi hanya 1 jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ruas tol kedua yang akan diresmikan adalah Tol Serang-Panimbang Seksi 1 sepanjang 26,5 km. Ruas tol ini menghubungkan Serang-Rangkasbitung.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju kawasan pariwisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 4-5 jam akan berhemat menjadi 2-3 jam, dengan kecepatan rata-rata 100 km per jam.

Ruas tol ketiga yaitu Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 km.Jalan tol ini akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol Jakarta Lingkar Luar (JORR) Seksi E menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain jalan tol, terdapat satu ruas jalan nasional yang siap diresmikan yakni Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Provinsi Jawa Tengah sepanjang 17,4 km. Keberadaan jalan ini diharapkan mendukung kelancaraan arus lalu lintas di Kota Brebes.

Baca juga: HUT Ke-76 RI, Luhut Beri Penghormatan kepada Tenaga Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.