KILAS

Menaker Ida Optimistis Pilot Project Perluasan Kerja Kawasan Mampu Buka Banyak Pekerjaan

Kompas.com - 18/08/2021, 16:18 WIB

KOMPAS.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pihaknya optimistis pilot project perluasan kerja berbasis kawasan mampu membuka banyak pekerjaan baru yang lebih efektif.

Perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini adalah model dalam membangun ekosistem kewirausahaan yang berkelanjutan serta mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) lokal dan potensi ekonomi daerah,” jelasnya.

Hal tersebut disampaikan Menaker Ida saat menghadiri acara peluncuran Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/8/2021).

Adapun, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah menetapkan lima lokasi proyek dengan karakteristik beragam.

Baca juga: Sekjen Kemenaker Minta Mahasiswa Baru Polteknaker Asah Keterampilan Akademik dan Nonakademik

Kelima lokasi dan karakteristik tersebut meliputi Perhutanan Sosial Teluk Jambe di Karawang, Kawasan Agroforestri Dataran Tinggi Dieng di Banjarnegara dan Batang, Kawasan Agroindustri Sei Mericim di Deli Serdang, Kawasan Agromaritim Teluk Weda di Halmera Tengah, serta Kawasan Agrowisata Lido di Bogor dan Sukabumi.

Ida menjelaskan, proyek tersebut merupakan upaya Kemenaker dalam mengembangkan program tenaga kerja mandiri yang efektif, demi memperluas kesempatan kerja secara berkelanjutan.

Terwujudnya keberlanjutan usaha atau sustainability tersebut, kata dia, dapat dilakukan dengan mengembangkan usaha terintegrasi dari hulu ke hilir, agar terbentuk ekosistem perluasan kerja yang efektif.

“Dan yang terpenting adanya dukungan lintas sektor dan partisipasi stakeholder di kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi lembaga keuangan, dan pihak swasta,” tutur Menaker Ida dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Kemenaker Dapati Calon Pekerja Migran Ilegal di Batam, Masyarakat Diminta Hati-hati

Sebagai informasi, sejak 2020, Kemenaker telah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam program bidang pengembangan kompetensi tenaga kerja sektor pertanian, kelautan, dan perluasan kesempatan kerja.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan IPB yang telah membantu perencanaan dan akan mendampingi pelaksanaan program yang strategis ini,” ucap Menaker Ida.

Menanggapi hal tersebut, Rektor IPB Arif Satria menyebutkan, kerja sama antara Kemenaker dan IPB terkait pembuatan learning center untuk meningkatkan kualitas produksi dan akses pasar di masyarakat merupakan hal yang luar biasa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenaker yang sudah memfasilitasi perluasan lapangan kerja. Kami harap, momentum pertanian ini dapat bangkit kembali dan itu harus dirasakan oleh masyarakat,” ujar Arif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.