Menurut Menkop, 2 Kelompok UMKM Ini Berkontribusi Besar ke Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 18/08/2021, 16:20 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dalam ngobrol Tempo yang disiarkan secara virtual, Rabu (18/8/2021). (Tangkapan Layar) KOMPAS.com/ ELSA CATRIANAMenteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dalam ngobrol Tempo yang disiarkan secara virtual, Rabu (18/8/2021). (Tangkapan Layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, ada 2 jenis UMKM yang berkontribusi paling besar pada pertumbuhan ekonomi selama mewabahnya pandemi Covid-19.

Disebutkan Teten, dua UKM yang dimaksud adalah yang bergerak di sektor pertanian dan UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital.

"UMKM yang paling besar berkontribusi selama pandemi itu adalah UMKM di sektor pertanian dan UMKM yang terhubung ke ekosistem digital. Kita lihat saja, sektor pertanian mengalami pertumbuhan di atas 12 persen di tahun ini," ujarnya dalam ngobrol Tempo yang disiarkan secara virtual, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Ingin Mencairkan BPUM UMKM? Ini Caranya agar Tidak Antre

Sementara itu, UMKM yang terhubung ke ekosistem platform digital juga ikut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

"Transaksi secara digital ini juga menopang pertumbuhan kita. Terutama sektor makanan dan minuman, dan home care yang terhubung ke digital itu meningkat pesat," kata Teten.

Lebih lanjut, Teten mengatakan, selama pandemi, jumlah UMKM yang masuk ke platform digital sudah mencapai 24 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan sebelum pandemi yang mana UMKM yang masuk ke ranah digital hanya 8 juta atau sekitar 13 persen. "Kalau dilihat, memang ada UMKM yang memiliki kemampuan untuk bisa menyesuaikan market yang sekarang ada," katanya.

Baca juga: Tangkal Stres Psikologis Pengusaha UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Bahkan, lanjut Teten, di tengah pandemi, di tahun 2020, ada 14.000 UMKM yang melakukan ekspor.

Sementara untuk sektor UMKM yang omzetnya tetap meningkat adalah UMKM yang berada di sektor bahan pangan, produk herbal, frozen food, dan farmasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.