Surge Targetkan Jaringan Fiber Optic Ruas Jakarta–Bandung Rampung Tahun Ini

Kompas.com - 18/08/2021, 18:25 WIB
Ilustrasi kabel serat optik ShutterstockIlustrasi kabel serat optik

JAKARTA, KOMPAS.com – Emiten sektor infrastruktur, PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge melalui anak usaha PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave), segera merampungkan finalisasi tahap awal penggelaran jaringan fiber optic di ruas Jakarta–Cikarang dan Jakarta–Bandung.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan, perseroan menargetkan pembangunan infrastruktur sepanjang 127,4 kilometer akan rampung pada akhir September 2021.

Sementara pembangunan dengan total panjang 2.800 km ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Baca juga: Surge Targetkan Bangun 580 Edge Data Center hingga Akhir 2021

Perseroan juga sudah merencanakan komersialisasi infrastruktur untuk menghadirkan konektivitas jaringan yang andal, fiber optic Surge yang tersebar di seluruh Pulau Jawa akan fokus pada aspek keamanan, baik itu dari sisi fisik penggelaran dan operasional, maupun dari sisi teknologi.

“Kami optimis rencana untuk penyelesaian keseluruhan jaringan sepanjang 2.800 km ini dapat kami akselerasi sampai akhir tahun 2021. Meskipun ada penyesuaian pengerjaan proyek dengan protokol kesehatan yang ketat di berbagai lokasi di Pulau Jawa tempat kami beroperasi, ini kami tempuh dengan berbagai strategi,” kata Hermansjah melalui siaran pers, Rabu (18/8/2021).

Strategi perseroan agar pembangunan bisa selesai tepat waktu yakni dengan memasang serat optik sepanjang rel kereta di lahan yang dimiliki sepenuhnya oleh PT PT Kereta Api Persero (KAI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Hermansjah, dengan cara tersebut pengerjaan pemasangan akan lebih bebas gangguan.

Baca juga: Surge Bangun Jaringan Fiber Optik Tahap Pertama Pulau Jawa Sepanjang 2.800 Km

Selanjutnya, perseroan juga melakukan mitigasi dengan menambahkan fase proyek hingga meningkatkan efektifitas human resources sehingga pengerjaannya dapat lebih efisien juga efektif.

“Melalui implementasi dua hal ini, belum ada revisi capex maupun target waktu penyelesaian yang dilakukan perseroan. Untuk itu, kami juga berterima kasih atas pendampingan dan dukungan penuh dari KAI maupun dari regulator selama pengerjaan di situasi sulit seperti saat ini,” jelas dia.

Sebagai upaya menghadirkan konektivitas berkapasitas besar (144 serat optik) dengan kualitas tinggi, Surge saat ini sedang dalam fase penjajakan dengan beberapa partner teknologi kelas dunia dalam penggelaran fiber optic ini beserta solusi solusi turunannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.