Semester I 2021, Laba Bersih Bank Sampoerna Merosot Jadi Rp 18,5 Miliar

Kompas.com - 19/08/2021, 10:29 WIB
Bank Sahabat Sampoerna BANK SAMPROERNABank Sahabat Sampoerna

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) membukukan laba bersih sebesar Rp 18,5 miliar pada semester I-2021. Capaian ini menurun dibanding periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp 30,2 miliar.

Penurunan tersebut selaras dengan meningkatnya rasio pencadangan (Cadangan Kerugian Penurunan Nilai/CKPN) terhadap Kredit Bermasalah (Non-Performing Loan/NPL) menjadi sebesar 153,2 persen pada paruh pertama tahun ini, dari 99,6 persen pada semester I-2020.

“Tantangan akibat pandemi Covid-19 masih berlanjut, untuk itu bank meningkatkan dana pencadangan,” ujar Direktur Utama Bank, Sampoerna Ali Rukmijah, dalam keterangannya, dikutip Kamis (19/8/2021).

Baca juga: 4 Bank Besar Panen Laba pada Paruh Pertama 2021, Siapa Juaranya?

Adapun pendapatan usaha Bank Sampoerna mengalami kenaikan sebesar 8,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 349,9 miliar untuk enam bulan pertama tahun 2021 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp 322,2 miliar.

Pada periode ini, pendapatan bunga bersih meningkat sebesar 5,3 persen secara yoy menjadi Rp 328,7 miliar dan pendapatan non-bunga meningkat sebesar 111,7 persen secara yoy menjadi Rp 21,2 miliar.

Lebih lanjut Ali menyebutkan, hingga akhir semester pertama tahun 2021, Bank Sampoerna membukukan pertumbuhan aset sebesar 8,5 persen menjadi sebesar Rp 13,5 triliun dari Rp 12,4 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, penyaluran kredit Bank Sampoerna hingga akhir semester pertama tahun 2021 berjumlah Rp 8,5 triliun atau meningkat 3,4 persen dibandingkan dengan kondisi per akhir tahun 2020.

Baca juga: Ini Perbedaan Aset Kripto dengan Uang Terbitan Bank Sentral

UMKM menjadi salah satu segmen dengan pembiayaan, dengan realisasi penyaluran kredit sebesar Rp 3,5 triliun.

“Pandemi yang masih terus berlangsung tidak menyurutkan langkah Bank untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM,” ucap Ali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.