Lapangan Sidayu dan Banyu Urip Tambah Produksi Migas RI 12.000 Barrel Per Hari

Kompas.com - 19/08/2021, 10:50 WIB
Ilustrasi para pekerja di industri  migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan. SHUTTER STOCKIlustrasi para pekerja di industri migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat adanya tambahan produksi migas sebesar 12.300 barrel minyak per hari (bopd) dari Lapangan Sidayu di Blok Pangkah dan Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu.

Proyek Sidayu yang dikerjakan oleh PT Saka Indonesia Pangkah Limited (SIPL) akan mulai berproduksi atau onstream pada Agustus 2021.

Kepastian ini diperoleh setelah pelaksanaan kerja ulang Re-entry Sumur Sidayu-4V dilaporkan menghasilkan tambahan produksi minyak sebesar 4.100-4.300 bopd dan gas sebesar 2,07 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd).

Baca juga: Ini Target Lifting Migas pada 2022

Kepala Divisi Pemboran SKK Migas Surya Widiantoro mengatakan, hasil produksi tersebut diperoleh di Lapangan Sidayu itu berasal dari 2 lapisan Kujung, yaitu K1Z2 dan K1Z3 yang diproduksikan secara commingle.

Berdasarkan tes terakhir yang dilakukan pada Selasa (17/8/2021), hasil pengeboran mengindikasikan produksi yang lebih besar dari perkiraan awal.

"SKK Migas mengapresiasi kinerja SIPL yang telah mengawal kegiatan dengan baik, sehingga dapat menghasilkan produksi maksimal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, tes produksi pada 15 Agustus 2021 menunjukkan laju produksi hidrokarbon hasil stimulasi lapisan K1Z3 sebesar 3.016 bopd dan 0,8 mmscfd. Tetapi, setelah dilakukan acidizing, perkiraan laju produksi yang diperoleh bisa meningkat.

Lapangan Sidayu berlokasi sekitar 4 kilometer dari lapangan utama Blok Pangkah di Ujung Pangkah, Jawa Timur.

Pekerjaan kerja ulang Sumur Sidayu-4V merupakan bagian dari Plan of Development (POD) Lapangan Sidayu yang disetujui SKK Migas pada 20 Oktober 2017 dan menjadi salah satu dari 12 proyek yang dicanangkan untuk onstream di tahun ini.

Baca juga: Semester I 2021, Produksi Migas Pertamina Capai 850 Juta Barrel MBOEPD

Kerja ulang Sumur Sidayu-4V rencananya dilakukan selama 37 hari dimulai sejak 13 Juli 2021. Saat ini SIPL sedang melakukan tes produksi setelah selesai melakukan stimulasi pada lapisan K1Z3 untuk meningkatkan performa produksi.

Mengalirnya minyak dari sumur Sidayu-4V merupakan first oil pada Lapangan Sidayu tersebut. Sesuai dengan POD, setelah kerja ulang sumur tersebut, masih terdapat tambahan 2 pekerjaan lanjutan, yaitu kerja ulang Re-entry Sumur SID-3ST dan pengeboran Sumur SD-1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.