Kompas.com - 19/08/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan suspensi terhadap saham PT Hotel Sahid Jaya Tbk (SHID) per 19 Agustus 2021. Harga saham SHID memang diketahui mengalami penurunan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Melansir laman resmi BEI, suspensi ini dilakukan karena saham SHID mengalami penurunan harga yang kumulatif pada Rabu (18/8/2021). SHID kemarin mengalami penurunan harga saham sebesar 6,67 persen di level Rp 840 per saham, dan dalam sepekan mengalami penurunan hingga 15,1 persen.

“Sehubungan dengan terjadinya penurunan harga kumulatif yang signifikan pada Saham SHID, dalam rangka cooling down, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham PT Hotel Sahid Jaya Tbk. (SHID), pada perdagangan tanggal 19 Agustus 2021,” sebut BEI dalam pengumumannya.

Baca juga: BEI Kembali Suspensi Saham BOLA, Ini Alasannya

BEI menyebutkan, penghentian sementara perdagangan Saham SHID dilakukan di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di Saham SHID.

“Bagi para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan,” tulis BEI.

Sebagai informasi, tahun lalu harga saham SHID sempat menyentuh kisaran Rp 4.000. Namun, sejak akhir tahun 2020, harga saham SHID terus menunjukkan penurunan yang cukup tajam, dan saat ini posisinya di level Rp 840 per saham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

SHID tercatat di BEI sejak 8 Mei 1990. Pemegang saham mayoritas pengendali dipegang oleh Empu Sahid Holding International sebesar 78,9 persen atau 883,95 juta saham. Sementara itu PT Sahid Insanadi memiliki porsi 6,07 persen saham atau 68 juta saham, dan kepemilikan saham oleh Komisaris dan direksi sebesar 303.000 saham atau 0,02 persen.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.