Hadapi Lonjakan Pengiriman Barang, JD.ID Tambah Gudang dan Kurir

Kompas.com - 19/08/2021, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahan logistik milik JD.ID, PT Jaya Ekspress Transindo (JX) mengaku telah menambah beberapa lokasi gudang serta jumlah kurir untuk menghadapi lonjakan pengiriman barang di JD.ID.

"Pandemi tentu saja membuat bisnis JD.ID sangat meningkat dan untuk menghadapi lonjakan, kami harus menambah beberapa lokasi gudang kami dan menambah jumlah kurir kami saat ini untuk bisa mendeliver paket ke customer," ujar CEO PT Jaya Ekspress Transindo Barry Lim saat jumpa pers virtual, Kamis (19/8/2021).

Menurut Barry, penambahan gudang dan kurir harus dilakukan agar kebutuhan customer JD.ID tetap terpenuhi dengan cepat dan aman selama pandemi.

Selain itu, Barry juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah aturan pengantaran yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Jadi Syarat Mengikuti SKD CPNS 2021, Apa Itu Kartu Deklarasi Sehat?

JD.ID juga mengaku telah mengubah Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi para kurir saat  mengirimkan paket ke customer.

"Semisal yang harusnya kurir pas mengirimkan barang harus berfoto dengan customer, kini SOP itu tidak ada lagi. Kurir hanya perlu foto produk dengan background rumah customer atau yang menandakan produk itu telah sampai dikirimkan," jelas Barry.

Sementara itu Head of Warehouse JD.ID Sendy Sopacua mengatakan, dari sisi keamanan warehosue, JD.ID rutin melakukan penyemprotan disenfektan di sekeliling warehosue.

Selain itu para kurir juga diwajibkan memakai masker pada saat pengantaran dan melakukan penyemprotan produk sebelum dikirim ke customer.

"Semuanya kami lakukan dengan prokes yang ketat. Sementara untuk kurir yang merasakan ada gejala atau sakit, langsung kami suruh istirahat," kata Sendy.

Baca juga: Lewat FWD MAX, Nasabah FWD Insurance Bisa Konsultasi Medis secara Daring

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.