Kompas.com - 19/08/2021, 19:32 WIB
Peluncuran platform marketplace Non-Fungible Token (NFT), TokoMall, oleh Tokocrypto di Jakarta, Kamis (19/8/2021). Dok. Youtube TokocryptoPeluncuran platform marketplace Non-Fungible Token (NFT), TokoMall, oleh Tokocrypto di Jakarta, Kamis (19/8/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform jual beli aset kripto, Tokocrypto meluncurkan TokoMall. Tokomall merupakan platform marketplace Non-Fungible Token (NFT) yang merupakan salah satu teknologi blockchain.

Chief Strategy Officer Tokocrypto Chung Ying Lai mengatakan, adanya TokoMall sejalan dengan pengembangan utilitas dari TKO Token. Dia melihat, NFT berpeluang untuk mendorong kreator lokal di Indonesia mengamankan dan memasarkan karyanya.

"Kehadiran TokoMall diharapkan bisa menjadi wadah bagi kreator lokal Indonesia di berbagai kategori untuk memamerkan karyanya dan menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform ini,” kata Chung Ying Lai dalam peluncuran TokoMall di Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Pria yang akrab disapa Ying ini menyebut, NFT bisa menjadi pilihan bagi para kreator di masa pandemi untuk tetap berkreasi dan produktif memasarkan karyanya dalam format digital dengan tetap menjamin keasliannya.

“Untuk itu Tokocrypto membuka kesempatan bagi para kreator atau artis baik di kategori lifestyle, kreatif, games dan lainnya untuk bergabung di TokoMall," kata dia.

Baca juga: Hadapi Lonjakan Pengiriman Barang, JD.ID Tambah Gudang dan Kurir

Kreator Si Juki, Faza Meonk mengaku, hadirnya platform NFT di Indonesia menjawab salah satu tantangan yang dipermasalahkan para kreator, yakni pembajakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia meyakini, ketika mendaftarkan karya dengan NFT, maka keasliannya akan transparan.

"Bagi saya teknologi blockchain dan NFT ini bisa menjadi salah satu solusi buat perlindungan hak cipta bagi para kreator karena sangat jelas dan sangat transparan sehingga ketahuan ini adalah karya si A atau si B," ucap Faza.

Lebih lanjut Faza mengungkapkan, platform penjualan dengan NFT bisa menjadi salah satu alternatif revenue stream dari karya yang dihasilkannya.

Dengan adanya platform NFT lokal, karya-karyanya termasuk Si Juki bisa menyasar konsumen lebih luas dan tepat sasaran, mengingat platform NFT yang ada selama ini lebih global.

"Saya menyambut baik keberadaan TokoMall sebagai platform NFT lokal, karena bagi saya kreator yang punya pasarnya di lokal sekarang bisa memasarkan karya untuk Indonesia," pungkas dia.

Baca juga: Kembali Naik, Market Cap Aset Kripto Tembus Rp 28.800 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.