Pendanaan Transaksi Margin PEI Tahun 2020 Tumbuh Jadi Rp 1,01 Triliun

Kompas.com - 20/08/2021, 06:22 WIB
Ilustrasi BEI, pasar modal adalah, pengertian pasar modal, fungsi pasar modal, apa itu pasar modal KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi BEI, pasar modal adalah, pengertian pasar modal, fungsi pasar modal, apa itu pasar modal

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pendanaan Efek Indonesia (PEI) mencatatkan kinerja positif pada semester 1 tahun 2021.

Dalam 6 bulan pertama di tahun 2021, PEI telah menyalurkan pendanaan transaksi margin senilai Rp 598,32 miliar, dengan rata-rata outstanding harian melonjak menjadi Rp 143,71 miliar per harinya.

Direktur PEI Suryadi menjelaskan, berbagai tekanan di sektor pasar modal turut mempengaruhi kinerja penyaluran pendanaan PEI kepada partisipannya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Margin dalam Bisnis dan Cara Menghitungnya

Walaupun nilai transaksi pada kuartal II tidak sebaik kuartal I tahun ini, ia optimis kondisi sektor keuangan mulai pulih.

“Nilai transaksi marjin di Bursa pada kuartal I tahun 2021, mencapai total Rp 52,6 triliun. Meskipun turun signifikan pada kuartal II tahun 2021, PEI optimis kondisi sektor keuangan dan sektor kesehatan yang menuju ke arah positif, turut berdampak pada pemulihan sektor pasar modal, khususnya transaksi marjin,” jelas Suryadi secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Transaksi margin merupakan transaksi pembelian efek untuk kepentingan nasabah yang dibiayai oleh perusahaan efek.

Pada tahun 2020, PEI juga telah menyalurkan pendanaan transaksi margin kepada anggota bursa senilai total Rp 1,01 triliun, atau melonjak lebih dari 10 kali lipat total penyaluran pendanaan di tahun 2019 yaitu Rp74,1 miliar.

“Hal ini dikarenakan pada tahun 2019, PEI baru mulai menyalurkan pendanaan di kuartal IV 2019, atau 6 bulan setelah PEI mendapatkan izin dari OJK yaitu di bulan April 2019,” kata Suryadi.

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Tawarkan Pembiayaan Otomotif Margin Rendah, Simak Syaratnya

Posisi rata-rata outstanding harian di tahun 2020 mencapai Rp 91 miliar, dan pernah mencapai posisi tertingginya yaitu sebesar Rp 187 miliar per hari di tanggal 19 Desember 2020.

Hal tersebut tidak terlepas dari tingginya nilai transaksi margin di Bursa Efek Indonesia pada bulan Desember 2020, yang mencapai total Rp 1,2 triliun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.