Riset OCBC NISP: Mayoritas Anak Muda Kurang Sehat Secara Finansial

Kompas.com - 20/08/2021, 07:41 WIB
Ilustrasi milenial berinvestasi saham. Apa fungsi dari saham? Dok Ajaib SekuritasIlustrasi milenial berinvestasi saham. Apa fungsi dari saham?

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset dari OCBC NISP Financial Fitness Index mencatatkan generasi muda Indonesia menjadi salah satu yang memiliki literasi keuangan yang rendah.

Rata-rata kesehatan finansial hanya mencapai 37,72, jauh dibandingkan Singapura yang mencapai 61.

Hasil riset tersebut juga menunjukkan hanya 14,3 persen anak muda yang terlihat berusaha menuju ‘sehat’ finansial, tetapi nyatanya kondisi mereka masih belum ideal.

Baca juga: Daftar 10 Anak Muda Terkaya di Dunia, Usia di Bawah 30 Tahun

Hal ini salah satunya dikarenakan pemahaman para generasi muda yang masih tidak tepat dan lengkap terkait kekayaan dan bagaimana mengelola keuangan.

Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit mengatakan, di pemberitaan media, ada fenomena ikutan tren investasi saham tetapi menggunakan uang hasil hutang, atau nekat terjun ke crypto currency menggunakan uang sekolah atau tabungan nikah.

“Akses masyarakat pada produk dan layanan keuangan yang terus meningkat ternyata tidak selalu membawa dampak positif, khususnya di generasi muda jika mereka tidak dibekali dengan pemahaman keuangan yang baik,” kata Ka Jit secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukan 85,6 persen generasi muda terlihat "kurang sehat" secara finansial dan perlu segera memeriksanya.

Sementara itu, sisanya terlihat sehat, tetapi ternyata masih banyak hal yang perlu diperbaiki.

Baca juga: Deretan Anak Muda Indonesia yang Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

“Generasi muda harus segera melakukan Financial Fitness Check Up sebagai langkah awal untuk memperbaiki kesehatan finansial mereka, dan jangan asal mengikuti tren keuangan atau ajakan investasi teman yang belum tentu tepat,” jelas dia.

Director Customized Intelligence NielsenIQ Indonesia Inggit Primadevi mengingatkan pentingnya kesehatan finansial bagi generasi muda.

Dengan mengecek skor finansial, maka para generasi muda bisa menjadikan skor tersebut sebagai tolak ukur untuk mengambil langkah kongkrit meraih kondisi kesehatan finansial.

“Riset juga menunjukan empat faktor utama bagaimana meningkatkan kesehatan finansial generasi muda, yakni dengan membuat alokasi anggaran, membuat pencatatan sederhana pengeluaran, konsultasi dengan financial planner dan terus belajar pengaturan keuangan,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.