Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diprediksi Melemah, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 20/08/2021, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan melemah pada Jumat (20/3/2021).

Sebelumnya, IHSG ditutup negatif di level 5.992,32 diiringi aksi beli bersih investor sebesar Rp 310,9 miliar di seluruh pasar.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, secara teknikal mengalami indeks breakdown support dengan candlestick membentuk long black body mengindikasikan potensi melanjutkan pelemahan.

Baca juga: BEI Suspensi Saham Hotel Sahid, Ini Sebabnya

IHSG diprediksi melemah. Pergerakan masih akan dipengaruhi oleh kekhawatiran akan tapering serta perkembangan terkait kasus Covid-19 terutama kasus harian di Amerika Serikat yang kembali naik signifkan,” kata Dennies dalam rekomendasinya.

Hari ini, IHSG diproyeksi bergerak resisten di level 6.173 sampai 6.082, dan support di level 5.929 hingga 5.867.

Hal senada juga disampaikan oleh Head of Research Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi. Dia bilang, pergerakan indeks mengkonfirmasi pola head and shoulders yang melemah dan tertahan pada level support moving average 200 hari. Momentum bearish terlihat pada indikator Stochastic dan RSI serta pergerakan pada Indikator MACD yang mulai memasuki area negatif.

IHSG saat ini akan menguji support Moving Average 200 hari, yang tepat berada di level 5.988 sebagai konfirmasi arah pergerakan.

Apabila break out akan menjadikan signal pelemahan lanjutan hingga menguji support selanjutnya.

Baca juga: IHSG Sesi I Ditutup Turun 1,53 Persen ke 6.024, Saham Bukalapak Bangkit

“Sehingga diperkirakan IHSG bergerak cenderung terkonsolidasi mencoba bertahan di level support Moving Average 200 hari dengan support resistance 5.860-6.026. Dari dalam negeri investor mencermati potensi capital outflow yang mengancam akibat dari prospek pengurangan stimulus the Fed. Sehingga secara sentimen IHSG berpotensi bertahan cenderung melemah di akhir pekan,” ujar Lanjar.

Menurut Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, pergerakan IHSG hari ini dipengaruhi beberapa sentimen, di antaranya China yang kembali membuat regulasi yang lebih menekan perusahaan teknologi, pendidikan, hingga game melalui peningkatkan pengawasan industri streaming secara langsung.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+