Sukuk Ritel SR015 Sudah Bisa Dibeli, Bisa Investasi Mulai Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 20/08/2021, 14:23 WIB
Ilustrasi investasi, investasi adalah, pengertian investasi, arti investasi, contoh investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi, investasi adalah, pengertian investasi, arti investasi, contoh investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR015 kepada investor dalam negeri. Masa penawaran sukuk ritel ini akan berlangsung mulai tanggal 20 Agustus-15 September 2021.

Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan Dwi Irianti Hadiningdyah mengatakan, sukuk ritel mulai ditawarkan sejak tahun 2009. SR015 merupakan sukuk ke-15 yang ditawarkan oleh pemerintah.

"Sukuk ritel ini memang ditujukan khusus untuk Warga Negara Indonesia, jadi mereka harus punya KTP. Ini telah kita terbitkan dari tahun 2009 sampai sekarang. Sekarang sudah 15 kali kita terbitkan. Untuk sukuk ritel ini tenornya tiga tahun dan bersifat tradable," ujarnya secara virtual, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Bisakah Investasi dan Dividen Bebas Pajak?

Dwi mengatakan, tingkat imbal hasil sukuk ritel SR015 lebih tinggi dari rata-rata deposito yang ditawarkan oleh bank-bank milik negara. Imbal hasil sukuk ritel yang terbaru ini bersifat tetap (fixed coupon payment).

"Imbalannya sangat menarik 5,10 persen. Pasti (tingkal imbalan/kupon tetap) ini di atas rata-rata deposito dari BUMN saat ini," kata dia.

Penjualan SR015 secara online diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, terutama untuk generasi milenial serta mendukung terwujudnya keuangan inklusif melalui instrumen investasi yang terjangkau dengan minimal pembelian Rp 1 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah mengenakan pajak 15 persen untuk investasi SR015.

"Pajaknya juga lebih rendah dari deposito. Ini baru keuntungan yang benar-benar dirasakan," ujarnya.

Baca juga: Bappebti Blokir 82 Situs Investasi Ilegal, Termasuk Binomo dan Octa Fx

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.