Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek BPOM, Cara Mudah Cek Keamanan Makanan dari Handphone

Kompas.com - 20/08/2021, 14:56 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Cek produk BPOM atau cek BPOM bisa jadi masih merupakan hal yang asing bagi sebagian masyarakat. Padahal, cek BPOM punya peran cukup penting bagi konsumen.

Cek BPOM atau BPOM cek sendiri merupakan fitur yang disediakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan pengecekan suatu produk berdasarkan nomor registrasi.

Cek produk BPOM lazim dilakukan untuk mengetahui informasi terkait produk yang sudah didaftarkan dan diperiksa oleh lembaga negara tersebut.

Informasi yang bisa diperoleh antara lain produsen, merek dan nama produk, tanggal terbit izin, jenis produk, serta kemasan.

Baca juga: Cara Cek Ongkir J&T, JNE, TIKI, SiCepat, dan Pos Indonesia

Produk-produk yang sudah terdaftar artinya sudah melalui pemeriksaan oleh BPOM sebagai lembaga negara yang bertugas dalam perlindungan konsumen.

Tak hanya makanan dan minuman, produk lain yang harus mengantongi nomor registrasi dari BPOM yakni kosmetik dan jenis obat-oabatan yang beredar di Indonesia, termasuk jamu.

Ini karena setiap obat, makanan, dan kosmetik yang beredar di pasaran harus memenuhi standar dan persyaratan keamanan, manfaat, khasiat, dan mutu produk yang sudah ditetapkan.

Merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Pasal 2, BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Cara Cek Resi Kantor Pos Indonesia Online, Cukup dari Handphone

Nah yang masih ragu dengan suatu produk, maka bisa melakukan cek produk BPOM atau cek BPOM melalui dua cara, pertama lewat laman resmi BPOM dan kedua via aplikasi Cek BPOM.

Cara cek BPOM melalui laman BPOM:

  • Buka laman https://cekbpom.pom.go.id/
  • Pada kolom "Cari Berdasarkan" dengan pilihan "Nomor Registrasi", masukan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk pada kolom "Kata Kunci"
  • Klik "Cari"
  • Sistem akan menampilkan informasi terkait produk yang dicari.

Cara cek BPOM melalui aplikasi Cek BPOM:

  • Unduh aplikasi Cek BPOM di ponsel
  • Buka aplikasi dan masuk
  • Pada halaman utama, klik "Semua Produk" dan bisa memilih produk teregistrasi, produk dibatalkan, atau public warning
  • Klik "Nomor Registrasi" lalu masukan nomor registrasi
  • Sistem akan menampilkan informasi produk.

Selain fitur cek BPOM atau cek produk BPOM, dalam aplikasi maupun situs BPOM, konsumen juga bisa melakukan pengaduan atas suatu produk.

Baca juga: Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Online, Motor dan Mobil

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com