Kompas.com - 20/08/2021, 15:38 WIB
Ilustrasi Bukalapak. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Bukalapak.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukalapak.com menyelenggarakan program bertajuk #NumpangLapak. Melalui program ini, masyarakat bisa mempromosikan para pelaku UMKM atau pedagang kecil di kanal-kanal media sosial milik Bukalapak.

"Ada banyak sekali pedagang yang kesulitan berjualan, jika kita dapat membantu mempromosikan mereka, kita dapat memompa semangat mereka agar tetap terjaga ketahanan usahanya, meski dalam kondisi sulit seperti saat ini," ujar VP of Marketing Bukalapak Erick Wicaksono dalam keterangan tertulis, Jumat (20/8/2021).

Langkah untuk mempromosikan pelaku UMKM atau pedagang kecil di media soaial Bukalapak yaitu mengambil foto atau video yang ingin dipromosikan.

Selanjutnya foto atau video tersebut dapat diunggah ke Instagram feed atau story dengan tagar: #NumpangLapak dan menandai (tag) akun Instagram @bukalapak. Konten tersebut dapat juga ditambahkan stiker #NumpangLapak yang dapat ditemukan di fitur GIF Instagram Story.

Baca juga: Simak Tips agar Produk UMKM Tembus Pasar Ekspor

Dalam stiker tersebut, masyarakat dapat menulis lokasi tempat pedagang atau tempat yang sering dilewati usaha kecil tersebut, serta mencantumkan nomor telepon sehingga calon pembeli lain dapat berkunjung ke pedagang tersebut.

Di akun resmi Instagram Bukalapak, @bukalapak, beberapa hari lalu, sejumlah postingan masyarakat dengan tagar #NumpangLapak diposting ulang atau ditampilkan kembali oleh Bukalapak. Dengan begitu, pengikut atau pengunjung akun Bukalapak di Instagram bisa melihat promosi tersebut. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mari bantu UMKM merdeka di bulan kemerdekaan Indonesia. Hanya dengan foto atau video yang diunggah masyarakat, dampak yang mereka rasakan akan berkali-kali lipat," kata Erick.

Menurut Bukalapak, berdasarkan survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) menunjukkan 94 persen UMKM mengalami penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19. Lewat program #NumpangLapak, Bukalapak ingin membantu pedagang dan usaha kecil untuk membangkitkan mereka di masa sulit.

Hingga saat ini, Bukalapak telah melayani lebih dari 6 juta pedagang, 6,9 juta rekan mitra Bukalapak dan juga lebih dari 100 juta pengguna. Bukalapak yang telah menjadi perusahaan terbuka ini juga menambah layanan bisnis B2B e-procurement melalui Buka Pengadaan Indonesia (BPI) serta agen penjual efek reksadana melalui Buka Investasi Bersama (BIB).

Baca juga: Cerita 2 UMKM yang Berhasil Mendunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.