Kemenperin Terima Bantuan 50 Unit Konsentrator Oksigen

Kompas.com - 20/08/2021, 19:07 WIB
Kemenperin Terima 50 Unit Konsentrator Oksigen dari Perusahaan Minuman Ini. (Tangakaoan Layar) KOMPAS.com/ ELSA CATRIANAKemenperin Terima 50 Unit Konsentrator Oksigen dari Perusahaan Minuman Ini. (Tangakaoan Layar)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerima 50 unit konsentrator oksigen dari salah satu perusahaan minuman yaitu Diageo Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kertasasmita mengatakan, dengan adanya tambahan 50 unit konsentrator oksigen ini membuat semakin banyaknya ketersediaan oksigen di Indonesia sehingga dapat membantu upaya untuk mengantisipasi Covid-19.

Konsentrator oksigen sangat membantu daerah-daerah yang tidak memiliki produsen oksigen, jauh dari jangkauan produsen dan jalur distribusi oksigen," ujar Menperin dalam acara penyerahan donasi secara virtual, Jumat (20/8/2021).

"Bantuan dari pelaku usaha sangat bermanfaat bagi wilayah di luar Jawa-Bali dan dengan adanya bantuan ini semakin banyaknya ketersediaan konsentrator oksigen di Indonesia untuk membantu upaya mengantisipasi penyebaran virus yang masih dinamis,” kata dia.

Baca juga: Kementerian BUMN: Holding UMi Dibentuk Buat Lindungi UMKM dari Rentenir

Menperin mengatakan, 50 unit konsentrator oksigen tersebut akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.

Sementara itu, Managing Director Diageo Indonesia Puneet Narang mengatakan, bantuan konsentrator oksigen merupakan bagian dari komitmen Diageo global membantu negara-negara yang terdampak pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami juga akan terus mencari cara untuk dapat berpartisipasi aktif dalam percepatan upaya pemulihan, dan kami percaya infrastruktur medis seperti konsentrator ini dapat membantu pemulihan Indonesia secara berkelanjutan," kata dia.

Konsentrator oksigen yang diserahkan Diageo adalah Philips Resipronics Everflo yang diimpor dari Inggris. Alat ini dapat menghasilkan 5 liter oksigen berkonsentrasi tinggi per menit.

Konsentrator oksigen menjadi alat yang penting untuk menangani pasien Covid-19 dengan kadar oksigen dalam darah yang rendah yang ditemukan di banyak kasus.

Baca juga: Ini 3 Alasan Kemendag Bikin Bursa Kripto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.