Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Siapkan SDM Unggul Melalui BLK, Kemenaker Bakal Kembangkan Kejuruan Pariwisata di Solok

Kompas.com - 21/08/2021, 09:46 WIB
Dwi NH,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Padang bakal mengembangkan kejuruan pariwisata dengan jurusan barista di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

"Kami di Kemenaker memiliki komitmen membangun sumber daya manusia (SDM) melalui BLK," ucapnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/8/2021).

Anwar menyatakan, pengembangan kejuruan tersebut sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang tengah fokus membangun SDM.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 384,8 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur Tahun Anggaran 2022

Pernyataan itu disampaikan Anwar seusai meninjau secara langsung lahan untuk pengembangan kejuruan pariwisata, Jumat (20/8/2021).

"Alhamdulillah, hari ini, saya dapat meninjau langsung lokasi yang nanti akan kami kembangkan workshop untuk balai latihan kerja di Kabupaten Solok," ujarnya.

Anwar meyakini, Kabupaten Solok memiliki potensi yang sangat besar. Kendati demikian, potensi tersebut harus didukung dan dikelola oleh SDM yang unggul serta profesional.

"Oleh karena itu, kami hadir bersama-sama Pemerintah Kabupaten Solok untuk mengembangkan SDM. Utamanya, SDM yang ada di Solok, dan umumnya di Sumbar," imbuhnya.

Baca juga: Ciptakan SDM Terampil di Kelautan dan Perikanan, Kementerian KP Gelar Berbagai Pelatihan

Pada kesempatan terpisah, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan, pihaknya sangat mendukung rencana pengembangan kejuruan pariwisata di Kabupaten Solok.

Menurutnya, pengembangan kejuruan tersebut dapat memberikan dampak nyata bagi perekonomian masyarakat.

"Nantinya, keberadaan kejuruan ini akan meningkatkan perekonomian, memperluas kesempatan kerja, dan mengurangi angka pengangguran di sekitar wilayah Sumbar," ucap Ida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com