KILAS

Siapkan SDM Unggul Melalui BLK, Kemenaker Bakal Kembangkan Kejuruan Pariwisata di Solok

Kompas.com - 21/08/2021, 09:46 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi saat meninjau secara langsung lahan untuk pengembangan kejuruan pariwisata di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumbar, Jumat (20/8/2021).

DOK. Humas KemenakerSekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi saat meninjau secara langsung lahan untuk pengembangan kejuruan pariwisata di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumbar, Jumat (20/8/2021).

KOMPAS.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Padang bakal mengembangkan kejuruan pariwisata dengan jurusan barista di Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

"Kami di Kemenaker memiliki komitmen membangun sumber daya manusia (SDM) melalui BLK," ucapnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/8/2021).

Anwar menyatakan, pengembangan kejuruan tersebut sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang tengah fokus membangun SDM.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 384,8 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur Tahun Anggaran 2022

Pernyataan itu disampaikan Anwar seusai meninjau secara langsung lahan untuk pengembangan kejuruan pariwisata, Jumat (20/8/2021).

"Alhamdulillah, hari ini, saya dapat meninjau langsung lokasi yang nanti akan kami kembangkan workshop untuk balai latihan kerja di Kabupaten Solok," ujarnya.

Anwar meyakini, Kabupaten Solok memiliki potensi yang sangat besar. Kendati demikian, potensi tersebut harus didukung dan dikelola oleh SDM yang unggul serta profesional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Oleh karena itu, kami hadir bersama-sama Pemerintah Kabupaten Solok untuk mengembangkan SDM. Utamanya, SDM yang ada di Solok, dan umumnya di Sumbar," imbuhnya.

Baca juga: Ciptakan SDM Terampil di Kelautan dan Perikanan, Kementerian KP Gelar Berbagai Pelatihan

Pada kesempatan terpisah, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyatakan, pihaknya sangat mendukung rencana pengembangan kejuruan pariwisata di Kabupaten Solok.

Menurutnya, pengembangan kejuruan tersebut dapat memberikan dampak nyata bagi perekonomian masyarakat.

"Nantinya, keberadaan kejuruan ini akan meningkatkan perekonomian, memperluas kesempatan kerja, dan mengurangi angka pengangguran di sekitar wilayah Sumbar," ucap Ida.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.