KBI Gandeng Aprindo untuk Dorong Pemanfaatan Sistem Resi Gudang

Kompas.com - 21/08/2021, 15:19 WIB
PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mencatat, sepanjang semester I tahun 2021 pemanfaatan resi gudang di Indonesia meningkat 49 persen. KOMPAS.com/DANIEL PEKUWALIPT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) mencatat, sepanjang semester I tahun 2021 pemanfaatan resi gudang di Indonesia meningkat 49 persen.
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI menggandeng Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam pemanfaatan Sistem Resi Gudang (SRG) di Indonesia.

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan, kerja sama tersebut merupakan bagian dari peran KBI untuk terus meningkatkan pemanfaatan SRG sehingga mendorong pemanfaatan gudang-gudang yang dimiliki oleh para anggota Aprindo. Pemanfaatan SRG diharapkan dapat menumbuhkan sentra komoditas, yang pada akhirnya akan meningkatkan volume barang yang diregistrasi ke SRG.

“Sebagai negara yang memiliki luas wilayah yang besar dan memiliki banyak komoditas, sudah selayaknya pemanfaatan Resi Gudang bisa tumbuh,” kata Fajar melalui siaran pers, Sabtu (21/8/2021).

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Pengangguran

Sementara itu, Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat mendorong anggota Aprindo untuk tidak hanya menjadi off taker atau standing buyer, tapi juga menjadi pengelola gudang SRG.

“Dengan menjadi pengelola gudang SRG, maka anggota Aprindo bisa mendapatkan barang, dan pada akhirnya masyarakat akan mendapatkan harga yang lebih baik. Upaya ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan barang, kestabilan harga, dan konsumsi,” kata dia.

Sebagai catatan, sepanjang tahun 2020, jumlah Resi Gudang yang diregistrasikan mencapai 428 RG dari 8 komoditas dengan volume 9.593.717 kg senilai Rp 200,78 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan di tahun 2021, sepanjang semester I jumlah Resi Gudang yang telah diregistrasi mencapai 230 RG. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 49 persen dibandingkan  periode yang sama di tahun 2020, di mana Resi Gudang yang diregistrasi mencapai 154 RG.

Baca juga: Tak Lagi Gratis, Ini Tarif Tol Cibitung-Cilincing Terbaru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.