Kompas.com - 21/08/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi pengangguran shutterstock.comIlustrasi pengangguran

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara mengatasi pengangguran yang bisa dilakukan oleh sebuah negara adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebab, dengan peningkatan kualitas SDM bisa membuat kemampuan penduduk yang ada di negara tersebut bisa menyesuaikan dengan lapangan kerja yang tersedia. Dengan begitu. diharapkan banyak tenaga kerja yang bisa terserap dan akhirnya mampu mengurangi pengangguran.

Mengutip buku Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI karya Mimin Nur Aisyah, cara mengatasi pengangguran bisa dilakukan dengan 10 cara. Berikut cara-caranya:

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Pengangguran?

  • Menyelenggarakan Bursa Pasar Kerja

Bursa tenaga kerja adalah penyampaian informasi oleh perusahaan-perusahaan atau pihak-pihak yang membutuhkan tenaga kerja kepada masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar terjadi komunikasi yang baik antara perusahaan dan pencari kerja.

Selama ini banyak informasi pasar kerja yang tidak mampu tersosialisasikan sampai ke masyarakat, sehingga mengakibatkan informasi lowongan kerja hanya bisa diakses oleh golongan tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Menggalakkan Kegiatan Ekonomi Informal

Kebijakan yang memihak kepada pengembangan sektor informal, dengan cara mengembangkan industri rumah tangga sehingga mampu menyerap tenaga kerja.

  • Meningkatkan Keterampilan Tenaga Kerja

Pengembangan sumber daya manusia dengan peningkatan keterampilan melalui pelatihan bersertifikasi internasional.

  • Meningkatkan Mutu Pendidikan

Mendorong majunya pendidikan, dengan pendidikan yang memadai memungkinkan seseorang untuk memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik. Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran.

Dewasa ini sesuai denganperintah undang-undang, pemerintah diamanatkan untuk mengalokasikan dana APBN sebesar 20 persen untuk bidang pendidikan nasional.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Pengangguran

  • Mendirikan Pusat-pusat Latihan Kerja

Pusat-pusat latihan kerja perlu didirikan untuk melaksanakan pelatihan tenaga kerja untuk mengisi formasi yang ada.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.