Kompas.com - 21/08/2021, 21:57 WIB

KOMPAS.com - Akuntabilitas adalah istilah yang cukup sering kita dengar, terutama dalam kaitannya dengan pengelolaan perusahaan hingga pemerintahan. Lalu apa arti akuntabilitas?

Pengertian akuntabilitas sebagaimana dikutip dari Investopedia yakni apabila seseorang atau kelompok atau institusi harus menanggung konsekuensi atas kinerja atau tindakan mereka.

Sementara dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akuntabilitas adalah pertanggungjawaban atau keadaan yang dapat dimintai pertanggungjawaban.

Secara sederhana, akuntabilitas adalah tindakan pertanggungjawaban atas hasil yang diperoleh setelah melakukan aktivitas tertentu. Hampir semua perusahaan, terutama perusahaan, menerapkan akuntabilitas.

Baca juga: Apa Itu Freelance: Untung Rugi dan Bedanya dengan Full Time

Prinsip akuntabilitas adalah siapa yang harus bertanggung jawab, kepada siapa harus bertanggung jawab, untuk apa mereka bertanggung jawab, dan apa konsekuensinya dari tanggung jawab tersebut.

Arti akuntabilitas sangat vital dalam menjalankan bisnis. Penerapan akuntabilitas adalah untuk membuat jalannya perusahaan menjadi efektif dan efisien.

Sebagai contoh, seorang karyawan yang diberikan jabatan sebagai manajer diberikan tugas untuk menjual produk perusahaan. Ketika ia tahu bahwa tugasnya diawasi, maka ia akan berusaha keras untuk menjual sebanyak-banyaknya.

Sebaliknya apabila sang manajer tidak diawasi, maka ia hanya melakukan penjualan yang mungkin saja tidak akan sebanyak saat diawasi.

Akuntabilitas juga merupakan hal penting dalam proses pembukuan dan proses akuntansi. Penerapan akuntabilitas adalah akan menghindarkan perusahaan dari risiko fraud.

Baca juga: Apa Itu Investor?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.