Apa Itu Stakeholder: Definisi dan Perannya dalam Perusahaan

Kompas.com - 22/08/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi ruang kerja. Apa itu stakeholder atau arti stakeholder? Stakeholder adalah pemangku kepentingan. Dok IKEA BusinessIlustrasi ruang kerja. Apa itu stakeholder atau arti stakeholder? Stakeholder adalah pemangku kepentingan.

KOMPAS.com - Stakeholder adalah satu istilah yang barang cukup sering kita dengar. Di Indonesia, arti stakeholder seringkali dipadankan dengan pemangku kepentingan. Apa itu stakeholder?

Dikutip dari Investopedia, dalam dunia bisnis, stakeholder adalah pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dan dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh bisnis.

Pemangku kepentingan utama dalam perusahaan antara lain investor, karyawan, pelanggan, kreditur, dan pemasoknya.

Pada awalnya, stakeholder adalah istilah penyebutan bagi individu atau kelompok yang berkecimpung langsung dalam sebuah bisnis. Namun seiring perubahan mindset banyak lembaga bisnis dan berjalannya waktu, arti stakeholder kini mencakup banyak pihak lain.

Baca juga: Panduan Cara Jualan di Shopee dan Cepat Mendapatkan Pembeli

Salah satu cakupan dalam stakeholder adalah tanggung jawab sosial perusahaan. Dengan kata lain, stakeholder kini juga mencakup masyarakat, pemerintah, LSM, perguruan tinggi, media, dan sebagainya.

Dalam perusahaan, stakeholder utama tentulah investor atau pemegang saham (shareholder), terutama pemegang saham mayoritas. Karena mereka adalah pihak yang berkepentingan dan paling berpengaruh di lingkup entitas bisnis tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keduanya seringkali disamakan, meskipun keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pengambilan kebijakan di suatu perusahaan, namun ada banyak perbedaan shareholder dan stakeholder.

Berikut fungsi dari stakeholder:

  • Tanggung jawab sosial perusahaan
  • Manajemen perusahaan
  • Pembuatan keputusan
  • Pendukung keuangan atau penyedia modal

Stakeholder adalah peran yang cukup vital dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Suatu perusahaan tentu membutuhkan stakeholder dalam menjalankan bisnis. Sehingga, kebijakan dan sistem perusahaan yang telah ditetapkan dapat menguntungkan semua pihak.

Baca juga: Apa Itu SPT Pajak?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.