Lewat QR Antar-negara, Wisatawan Indonesia ke Thailand Tak Lagi Harus Tukar Baht

Kompas.com - 23/08/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi QR Code Getty Images/iStockphotoIlustrasi QR Code

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan tiga bank di Indonesia telah mengawali setelmen Quick Response (QR) antarnegara dengan Thailand, yakni Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI).

"Ketiga bank ini terlebih dahulu mengikuti piloting menjadi bank setelmennya," ucap Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendartasebagaimana dikutip dari Antara, Senin (23/8/2021).

Ia mengatakan saat program QR antarnegara sudah berjalan, seluruh bank yang memiliki izin penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) akan dipersilahkan menjadi bank setelmen.

Baca juga: BI Luncurkan SNAP dan QRIS Antar Negara, Ini Manfaatnya

Sementara dari Thailand, perbankan yang menjadi bank setelmen penggunaan QR lintas batas dengan Indonesia yakni Bank of Ayudhya dan CIMB Thai.

Kemudian untuk perusahaan switching yang berpartisipasi dalam program ini yaitu Prima, Alto, Jalin, dan Artajasa dari Indonesia, serta ITMX dari Thailand.

Selain itu, Filianingsih menyebutkan terdapat 11 Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Indonesia yang ikut menjadi pengawal program QR antarnegara dengan Thailand, di antaranya yaitu Shopeepay, Dana, Link Aja, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Telkom Indonesia, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi sebetulnya kami sudah melakukan sinergi antara BI, Bank Sentral Thailand, bank setelmen, switching, dan PJP," katanya.

Tak Perlu Uang Tunai

Ia menjelaskan, QR antarnegara akan mempermudah transaksi masyarakat Indonesia saat bepergian ke luar negeri lantaran tidak harus menukar uang tunai.

Baca juga: Kini Bayar Tiket Damri Bisa Bayar Scan QRIS Pakai DANA, Ini Caranya

melainkan cukup meng-scan QR negara tersebut dan otomatis saldo di bank atau dompet digital berkurang sesuai kurs yang berlaku.

Biaya komisi yang diterapkan saat meng-scan QR antarnegara yang telah bekerja sama dengan Indonesia juga akan lebih murah daripada biaya saat menukar uang di money changer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.